Malas Belajar? Eight Kunci Yang Untuk Mengatasinya

Pemerintah tidak harus sendiri, upaya menggandeng banyak pihak penyedia portal daring sangat tepat dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun leading sektor urusan kebijakkan pembelajaran daring harus dikendalikan dibawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Membersihkan ruang ujian sebelum dan sesudah digunakan untuk setiap sesi UN. Pembersihan dilakukan menggunakan disinfektan untuk seluruh piranti yang digunakan oleh peserta UN, seperti handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik , mouse, kursi, meja, dan alat tulis. Memastikan pengisian daftar hadir UN terhindar dari potensi paparan Covid-19 antar peserta UN, antara lain menghindari penggunaan alat tulis yang dipakai bersama. Jika ditemukan warga sekolah yang mengalami gejala infeksi Covid-19 agar kepala sekolah segera meminta yang bersangkutan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Mama juga bisa menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak. Membuat jadwal rutinitas merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan mempertimbangkan sesuai usia anak. Jadwal rutinitas yang disusun dapat berupa jadwal tidur dan waktu bangun yang konsisten, waktu bermain, dan waktu untuk membaca.

Penyebaran virus covid-19 menjadi penyebab angka kematian yang paling tinggi di berbagai negara dunia saat ini. Bahkan banyak juga tenaga medis yang menjadi korban lalu meninggal. Hal ini menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh dunia saat ini, untuk melakukan berbagai kebijakan termasuk di negara Indonesia sendiri.

Dia memisalkan, pembinaan generasi yang alim faqih, berakhlakul karimah , dan mandiri menjadi sulit, bila sang anak bangun tidur kesiangan. Chriswanto menyebut, setiap ormas Islam memiliki pembinaan generasi muda pada lembaganya masing-masing, “Meskipun pandemi bersifat tidak selamanya, namun dalam jangka pendek dapat mengganggu pola pembinaan generasi muda,” ujarnya. Terkait dengan anak-anak penyandang disabilitas, Dewi Tjakrawinata mengungkapkan, selama pandemi COVID-19, anak-anak disabilitas memerlukan perhatian dan cinta yang ekstra guna memberikan kenyamanan serta pengertian mengenai virus COVID-19. Oleh karena itu, lanjutnya, melalui acara Seminar Nasional bersama para narasumber ahli diharapkan dapat tercipta rumusan dan usulan motion plan untuk menjaga kesehatan jiwa anak-anak terutama anak disabilitas. [newline]Hal tersebut terangkum dalam seminar nasional bertajuk “Melindungi Kesehatan Jiwa Anak di Tengah Pandemi COVID-19” yang digelar Bidang Koordinasi Relawan Satgas COVID-19 secara daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube Live, 23 Juli 2021. Sebagai pembelajar yang baik tentunya kita dituntut untuk bisa menyesuaikan, apapun kondisinya mari kita berjuang untuk selalu menjaga semangat kita dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Misalnya saja, hari ini belajar selama 2 jam untuk mata pelajaran A, hari selanjutnya belajar selama 2 jam lagi untuk mata pelajaran B, dan seperti itu selanjutnya yang akan membuat anda jauh dari malas belajar. Meskipun terdengar mudah untuk dilakukan, namun menemukan tempat yang cocok untuk belajar dan sesuai dengan selera pribadi dapat membuat kita terhindar dari rasa malas belajar, namun ternyata cukup sulit untuk dilakukan. Bisa juga menyanyikan lagu anak-anak, lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu wajib nasional, atau lagu-lagu daerah.

Selain itu, penting untuk mengevaluasi kegiatan belajar si kecil saat sekolah on-line. Bisa saja, mereka sebenarnya bukan malas, hanya saja merasa kegiatan belajar yang diharuskan tidak sesuai dengan gaya belajarnya. Padahal, secara garis besar ada three Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 gaya belajar anak yang harus orang tua ketahui. Beberapa di antaranya adalah gaya belajar visible, audio, hingga kinestetik.

Menurut Nova, orang tua juga perlu membuka ruang komunikasi dengan anak. Seperti mencuci mobil bersama, menyiram bunga bersama, memasak bersama, menyapu, mengepel. Ini bisa digunakan sebagai momentum mengaktifkan komunikasi aktif tanpa gadget. Sambil bersih-bersih sambil ngobrol, tentu akan terasa menyenangkan.

Besar kemungkinan mereka juga sedang self isolate sehingga butuh teman untuk bersosialisasi. Tidur yang cukup itu sangat penting, dan cara kita mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan memiliki jam tidur yang teratur. Dengan tidur yang cukup, badan kita akan segar dan siap mengikuti pembelajaran di pagi hari. Selain itu, jam tidur yang teratur akan menyempatkan kita untuk sarapan, mandi, serta mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sehingga, rutinitas pagi kita juga teratur dan tidak langsung terburu-buru membuka laptop computer saat bangun. Namun jangan khawatir kawan-kawan, sebab belajar di rumah yang benar itu tidak susah untuk dilakukan.

Sudah capek kerja, harus ngajarin anak, masih ngerjain plus mengirim tugas. Aktifitas ringan yang demikian tidak mungkin didapatkan saat sekolah daring. Bagaimanapun, itu merupakan bentuk refresh yang bisa mengurangi kejenuhan belajar siswa. Karena itu wajar kalau kini banyak siswa burnout mengikuti sekolah daring.

Siswa – siswa sekarang yang dibutuhkan bukan hanya petuah dan ceramah – ceramah yang mengurui, mereka butuh teladan, butuh contoh figure yang memang patut untuk di contoh dari sikap dan tindakan. Artinya segenap komponen sekolah, mulai dari pimpinan, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan memberikan contoh yang baik terhadap anak didiknya. Jangan ada siswa yang terlambat di beri hukuman, sementara gurunya sendiri juga sering terlambat. Bahkan sering terjadi siswa tertidur atau major HP di saat pelajaran berlangsung. Ini terjadi bukan karena one hundred % kesalahan siswa, karena dari awal guru kelas tidak tegas, bahkan terkesan kurang peduli terhadap siswa – siswanya. Sejauh ini saya rasa proses belajar daring di kampus cukup efektif meskipun siswanya berasal dari lintas-negara, karena mayoritas sedang pulang ke negaranya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *