Cara Mendapatkan Vaksin Covid

Pemerintah menargetkan melakukan 1 juta vaksinasi pada Juni 2021 dengan mempertimbangkan jumlah vaksin yang telah tersedia. BERITA DIY – Program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah diharapkan dapat menjadi upaya pencegahan penularan Covid-19 agar tidak semakin masif di Indonesia dan dapat meningkatkan harapan hidup masyarakat. Sebelumnya, Kemenkes sudah mengimbau Dinas Kesehatan di daerah agar mulai melakukan pendataan lansia yang akan menjadi peserta vaksinasi. Vaksinasi untuk goal kelompok ini akan dimulai di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi di 33 provinsi di Indonesia. Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi.

Hal itu dikatakannya untuk mempercepat pembentukan imunitas kelompok atau herd immunity yang ditargetkan bisa tercapai Desember tahun ini. Hadirnya layanan ini merupakan bentuk kerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan sektor swasta dalam menyediakan layanan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi COVID-19. , JAKARTA SELATAN – Berikut ini cara mendaftar vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk berdomisili Jakarta Selatan. Daftar melalui Isi knowledge dengan pilih lokasi tinggal dan jawab pertanyaan. Lansia yang berumur 60 tahun dan diatas 60 tahun dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi.

Tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, aparat penegak hukum, dan tenaga penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan TNI dan POLRI. Istri Gubernur Bali Wayan Koster ini, mengatakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah, sepakat untuk lebih mengintensifkan kegiatan sosialisasi terhadap program vaksinasi massal yang dicanangkan Pemprov Bali. “Kami ingin memberi pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya vaksin agar bisa keluar dari pandemi COVID-19 sekaligus menyukseskan program pemerintah dalam upaya vaksinasi ini,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang termasuk golongan di atas, bisa melakukan pengecekan information atau registrasi ulang hingga jadwal vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.id. Proses vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19 sudah dimulai dengan Presiden Joko WIdodo sebagai orang pertama yang menerima vaksin corona. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac yang sebelumnya sudah melalui uji klinis tahap III di Bandung dan mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. Dilansir dalam ANTARA pada 17 Mei 2021, Arya Sinulingga menyebut sudah ada 1 juta vaksin Sinopharm yang tiba di Indonesia pada akhir April lalu untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Tambahan 10 juta dosis vaksin COVID-19 dari perusahaan farmasi yang berbasis di China, SinoVac, tiba di Indonesia pada 2 Maret 2021.

Cara mendapatkan vaksin covid

Pemerintah AS meningkatkan upayanya untuk mempertahankan permintaan akan vaksinasi Covid-19 karena Presiden AS Joe Biden berupaya memenuhi tujuannya untuk memberikan setidaknya satu dosis kepada 70% orang dewasa Amerika pada 4 Juli. Bangsa ini sekarang berada pada tingkat vaksinasi 60,5 persen dari populasi orang dewasa. IW seorang dokter yang berstatus sebagai aparatur sipil negara dan bertugas di Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan. Lalu, KS merupakan dokter sekaligus aparatur sipil negara di Dinas Kesehatan Sumut. Begitu juga dengan SH yang merupakan aparatur sipil negara di Dinas Kesehatan Sumut. Registrasi ulang ini meliputi upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta.

Pendaftaran vaksinasi lansia juga dapat dilakukan dengan naungan organisai atau instansi. Seluruh information peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Ia mengatakan information dari IDI dan PPNI penting untuk memastikan tim medis terdepan yang menjadi prioritas.

Jumlah vaksin yang didistribusikan pada termin 1 ini adalah untuk 1 dosis untuk sekitar 38% lansia, sementara sisanya akan didistribusikan di bulan Maret. Kadiskes Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya menjelaskan, atas perintah Gubernur Koster, Pemprov Bali telah mempermudah program vaksinasi Covid-19 di Bali. “Cukup datang bawa KTP ke faskes terdekat maupun ke posko-posko vaksinasi yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, anda bisa langsung mendapatkan vaksin,” katanya.

Sedangkan distribusi peralatan pendukung dan logistik lainnya dilakukan menggunakan sarana pembawa lain yang standar sesuai dengan ketentuan. Diharapkan, upaya vaksinasi akan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Selain itu, dinilai dari sisi ekonomi, upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi akan jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan upaya pengobatan. Dengan begitu, para tenaga kesehatan ini dapat mulai melakukan pengecekan melalui aplikasi Peduli Lindungi yang dapat diunduh di Google Play Store bagi pengguna Android atau AppStore bagi para pengguna IOS. “Mereka yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari Sinovac harus memenuhi kondisi kesehatan yang telah ditetapkan. Bagi mereka yang tidak memenuhi syarat itu, maka tidak bisa mendapatkan suntikan atau ditunda,” jelas dokter Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *