Menu Close

Warga Singapura Sumbang Voucher Wisata Ke Tenaga Kerja Asing

Bagi pengusaha atau Perusahaan yang kesulitan membayar THR karena akibat pandemi COVID-19 atau hal lainnya, dapat menempuh mekanisme dialog dengan pekerja atau buruh. Bagi pengusaha atau Perusahaan yang kesulitan membayar THR karena akibat pandemic COVID-19 atau hal lainnya, dapat menempuh mekanisme dialog dengan pekerja atau buruh. Bilamana upaya penangguhan upah tersebut disetujui, maka gubernur akan menuangkannya dalam penetapan Keputusan Gubernur. Bila sudah ditetapkan dalam Keputusan Gubernur, maka Perusahaan dapat membayar upah pekerjanya di bawah standar Upah Minimum. Meski begitu, perusahaan diwajibkan membayarkan selisih kekurangan pembayaran upah pekerja sesuai UMP tersebut di tahun berikutnya.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah menyentuh peralatan kantor yang sering digunakan bersama-sama, misalnya mesin fotokopi. Bawa selalu hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol, sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan dalam perjalanan bila tidak ada sarana cuci tangan. Selalu kenakan masker saat berada di tempat umum, termasuk dalam perjalanan menuju tempat kerja atau pulang ke rumah, dan selama berada di tempat kerja. Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau para pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah untuk selalu waspada dan menerapkan langkah pencegahan COVID-19. Kedua, dalam kondisi seperti ini, bisa berlaku asas no work no pay sebagaimana diatur Pasal 93 ayat UU No.thirteen Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Alasan tidak lagi direkomendasikannya strategi berbasis tes adalah, karena hanya akan mengakibatkan isolasi pada pasien yang berkepanjangan karena tetap terdeteksinya RNA virus SARS-CoV-2 tetapi tidak lagi menularkan virus . Pada tanggal 27 Mei 2020, WHO menerbitkan panduan tentang manajemen klinis COVID-19 dan memberikan rekomendasi terbaru tentang kriteria untuk penghentian isolasi pasien COVID-19. Kriteria yang diperbarui didasari oleh temuan-temuan baru bahwa pasien yang sudah tidak bergejala, ternyata masih menunjukkan hasil tes positif virus COVID-19 (SARS-CoV-2) dengan RT-PCR selama berminggu-minggu. Terakhir, dengan krisis di masa lalu, keadaan tidak akan selamanya seperti saat ini.

Bekerja dalam masa Covid

Selain itu perlu juga diadakan permainan atau gamifikasi dengan menerapkan unsur-unsur permainan dan unsur menyenangkan yang biasanya terdapat dalam sebuah game pada pekerjaan guna memotivasi pekerja bahkan mengubah perilaku pekerja. Jika terpaksa menggunakan, maka pekerja disarankan jaga jarak dengan orang lain min. 1 meter, tidak sering menyentuh fasilitas umum, dan gunakan hand sanitizer. Pengaturan waktu kerja tidak terlalu panjang , yang akan mengakibatkan pekerja kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan/imunitas tubuh.

Pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan sesuai dengan kebijakan yang berlaku sejak 7 Mei 2020. Mereka ini antara lain pekerja yang terdampak akibat negara penempatan mengalami lockdown, atau mereka yang memiliki pulang karena cuti dan habis kontrak kerja maupun calon pekerja migran yang tertunda keberangkatannya. Kepulangan pekerja migran telah dipetakan seperti titik-titik debarkasi. Merespon potensi lonjakan kepulangan para pekerja, BP2MI memiliki protokol kesehatan dan protokol kepulangan. Benny menyampaikan bahwa mereka akan melewati pemeriksaan baik di bandar udara maupun pelabuhan. Pemeriksaan medis ini meliputi pengecekan suhu tubuh dan tes cepat atau fast take a look at.

Permainan atau sport bahkan yang dilakukan secara daring dianggap dapat membangun empati di kalangan para pekerja dan menambah dimensi serta konteks terhadap dunia kerja. Platform yang berfokus pada pengembangan tim secara online yakni Miro mengungkapkan bahwa pihak manajemen dapat membantu pekerja dalam membangun ikatan di antara rekan kerja lewat permainan dari rumah masing-masing. Salah satu contohnya yakni dengan permainan menebak kota kelahiran rekan tertentu, atau menuliskan impian-impian mereka. Sebelumnya, ia sempat merasa sangat cemas ketika mendengar kabar bahwa rekan sejawatnya di sekolah anak usia dini di Surabaya Barat, Jawa Timur, itu dinyatakan positif Covid-19. Untungnya waktu itu Surabaya masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar . “Untungnya, kami tidak masuk sekolah.” Rekan kerjanya pun kini telah dinyatakan sembuh.

Seseorang yang terbiasa tidur di luar rentang jam normal mungkin menunjukkan tanda-tanda atau gejala masalah kesehatan yang serius. Moms bisa mengalami gangguan tidur atau bahkan kantuk saat berkendara. “Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mensinergikan kekuatan nasional, baik di pusat maupun di daerah, melibatkan ASN, TNI dan POLRI, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi,” jelasnya.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto menyampaikan, situasi pandemi Covid-19 membutuhkan kemitraan berbagai pihak dan kesiapan sumber daya manusia pendukungnya. Apabila berdasarkan urgensi yang sangat tinggi harus diselenggarakan rapat/kegiatan di kantor, maka harus memperhatikan jarak aman antar peserta rapat . “Perjalanan dinas dalam negeri agar dilakukan secara selektif dan sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus dilaksanakan. Seluruh perjalanan dinas ke luar negeri agar ditunda pelaksanaanya,” tegasnya. Hal ketiga yang diatur dalam edaran ini terkait penyelenggaran kegiatan dan perjalanan dinas. Oman mengatakan bahwa Menag meminta agar seluruh penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak peserta, baik pada tingkat pusat maupun daerah, ditunda atau dibatalkan.

Sudahkah Anda banyak mendengar mengenai Virus Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia saat ini? bahkan bukan saja di Indonesia melainkan di berbagai Negara sudah mengalami musibah Virus Covid-19. Sudah banyak setiap perusahaan menerapkan Work From Home untuk menjaga keselamatan kesehatan setiap anggotanya. Bukan hal yang mudah bagi setiap perusahaan dan setiap anggota karyawan melakukannya. Jadi, menetapkan ruang yang bukan untuk pekerjaan adalah bagian dari menciptakan batas kehidupan kerja yang sehat untuk kesehatan psikologis.

Bahkan saat ini, kita juga dihimbau untuk tidak melakukan jabat tangan kepada orang lain. Jabat tangan bisa kita lakukan dengan Say Hello, melambaikan tangan, atau salaman dengan menempelkan siku. Mungkin rasanya akan aneh, tapi dikondisi seperti ini kita harus bisa saling memahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *