Menu Close

Vaksin Dari Pemerintah

Vaksinasi sudah terbilang aman, cepat, dan sangat efektif untuk mencegah penularan penyakit. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa prognosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Dyan Sawitri, Mahesh Prakash, Herawati Sudoyo menjadi pembicara pada webinar KSIxChange ke-32 ini. KSIxChange merupakan salah satu kegiatan reguler KSI untuk mempromosikan interaksi dan komunikasi yang efektif, serta meningkatkan diskursus publik yang berdasarkan pada penggunaan bukti dalam proses pembuatan kebijakan di Indonesia.

Sejauh ini, vaksin-vaksin berbayar hanya bisa didapatkan di rumah sakit atau klinik dokter saja. Hal ini turut menjelaskan kejadian dimana masyarakat masih terpapar virus COVID-19 setelah penyuntikan vaksin pertama, karena pada dasarnya antibodi belum terbentuk optimal pada masa ini. Rizka juga menjawab banyaknya pertanyaan di masyarakat yaitu terkait uji klinik fase three vaksin CoronaVac yang tidak dilakukan di negara pembuatnya, Tiongkok.

Yaitu hasil kerjasama bilateral/multilateral dan pengembangan vaksin Merah Putih. Untuk vaksin Merah Putih merupakan hasil kerjasama perguruan tinggi dan lembaga penelitian yang ada di Indonesia. Agar kualitas dan manfaatnya tetap terjaga dan efektif, vaksin idealnya disimpan di tempat bersuhu dingin, yaitu kulkas atau kotak es dengan suhu sekitar 2–8o Celsius atau -15–5o Celsius. Layaknya obat dan vaksin lainnya, pengembangan vaksin COVID-19 harus melalui tiga tahap uji klinis. Setelah memenuhi ketiga tahap uji klinis tersebut dan dinyatakan efektif serta aman digunakan, vaksin COVID-19 baru bisa mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Namun, perlu diingat juga bahwa upaya pencegahan COVID-19 tersebut tentunya tetap harus disertai protokol kesehatan, misalnya dengan selalu menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan atau tempat yang ramai, mengenakan masker, dan rajin mencuci tangan.

Kementerian Kesehatan terus melakukan pemantauan dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana calon penerima vaksin COVID-19 melakukan registrasi dan verifikasi knowledge. Apabila registrasi tidak dilakukan hingga batas waktu yang ditentukan, nantinya sasaran akan di data oleh petugas dari TNI maupun Polri untuk mengidentifikasi penyebab tenaga kesehatan tidak melakukan registrasi ulang. Terkait dengan penanangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untuk vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah.

Vaksin dari pemerintah

Dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Dinas Kesehatan gelar Sosialiasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Selasa (02/01/2021). Adapun tahap awal vaksinasi ini merupakan langkah tepat dan layak diapresiasi. Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah vaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Tetap pakai masker yang benar, jaga jarak hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan. Mulai thirteen Januari 2021, vaksinasi Covid-19 untuk mengatasi pandemi telah dimulai. Lantas berikutnya diikuti oleh para menteri kabinet, Kapolri, PTNI, pimpinan lembaga negara/pemerintahan, tokoh-tokoh agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepala daerah, hingga pedagang sayur.

Menyangkut pendataan vaksinasi massal, Kementerian Kesehatan menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyediakan layanan registrasi bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui Chatbot Whatsapp di nomor . Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format penapisan ini dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat. Disarankan saat mendatangi tempat layanan vaksinasi dapat membawa surat keterangan atau catatan medis dari dokter yang menangani selama ini. Jika memiliki penyakit paru , vaksinasi ditunda sampai kondisi pasien terkontrol baik. Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis. Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam , vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang pada saat kunjungan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *