Menu Close

Tetap Pergi Bekerja Di Tengah Pandemi Covid

Ratih mengatakan, untuk mengenali musuhmu tapi jangan sayangi (Virus SARScov-2), selalu menganggap orang lain dan diri sendiri berpotensi menyebarkan virus. Upaya yang dilakukan hanya menurunkan risiko bukan menghilangkan, karena risiko akan selalu ada dan selalu patuh menjalankan peraturan yang ada. APD untuk lingkungan dengan risiko rendah misalnya di perkantoran dapat memakai APD Umum yaitu masker dan googles atau memakai Face defend. Yang penting dapat melindungi mata, hidung dan mulut dari droplet dan tempelan virus, serta menghindarkan tangan secara tanpa disadari menyentuh bagian tubuh tersebut. Untuk itu, harus ada upaya yang dilakukan ketika pegawai harus melakukan aktivitasnya di kantor dengan melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan para ahli guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Upaya yg bisa dilakukan adalah bekerja dengan aman sebagai bentuk mengecilkan atau menurunkan risiko kita terkena infeksi.

Sebagai editor kamu bertugas untuk mengedit tulisan memperbaiki struktur dan tanda baca agar sesuai dengan kaidan penulisan. Kamu bisa membuat website pribadi menggunakan situs blogger atau wordpress. Kamu bisa menulis beragam hal di web site ini tergantung ketertarikan kamu.

Bekerja dalam masa Covid

Cuci Tangan Pakai Sabun Mendorong pekerja mencuci tangan saat tiba di tempat kerja, sebelum makan, setelah kontak dengan pelanggan/pertemuan dengan orang lain, setelah dari kamar mandi, setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi. Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah. Meski sebagian perkantoran masih menerapkan kerja dari rumah atau Work from Home , namun tak sedikit pula yang tetap meminta karyawannya untuk bekerja dari kantor. Kendati perkembangan virus Corona cukup cepat, cobalah tetap rileks dan fokus terhadap apa yang dikerjakan. Pembawaan diri yang rileks dan fokus dapat meningkatkan produktivitas menjadi lebih baik. Jika dalam perkembangannya muncul gejala seperti demam, flu, dan kesulitan bernapas, segera hubungi petugas kesehatan yang berwenang dan ikuti instruksi yang ada.

Demikian disampaikan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro, menyikapi hasil penelitian terbaru dari organisasi kesehatan dunia WHO tentang adanya kemungkinan virus COVID-19 melalui udara/ airbone. Jika tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Tidak memiliki ruang kerja di rumah yang lengkap ketika mulai bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas sementara. Motivasi kerja bisa hilang karena suasana berbeda jauh dengan kerja di kantor.

Hal pertama yang perlu diingat adalah workstation harus masuk akal untuk pekerjaan yang dilakukan. Menetapkan workstation untuk setiap orang memberi setiap orang perasaan bahwa mereka masuk ke dalam ruang/ suasana kerja, -tentu idealnya dibarengi dengan menetapkan batasan untuk ruang pribadi. Dalam sejumlah kondisi, bekerja di kantor kerap mampu memastikan tercapaikan produktivitas dan performa karyawan, ketimbang harus bekerja di rumah.

Prioritas ini, menurut Dicky, bisa diberikan contohnya untuk sektor yang berkaitan dengan produksi makanan, minuman, obat, dan alat-alat kesehatan. “Masing-masing perusahaan sudah mulai melakukan transformasi untuk membuat cara bekerja yang berbeda. Adaptasi teknologi untuk sektor tertentu sudah ada sehingga enggak perlu bekerja dari kantor itu bisa saja dilakukan,” tuturnya. Shinta berkata, SOP yang tengah disusun ini “ada hubungannya dengan protokol kesehatan.” Secara lebih spesifik, aturan dibuat untuk mengatur “pelayanan dan fasilitas kesehatan apa saja yang harus disiapkan perusahaan,” tutur Shinta kepada Lokadata.id. Menurut Hariyadi, protokol kesehatan yang dibuat Kementerian Kesehatan nanti akan menjadi pedoman pengusaha untuk berkegiatan, jika pelonggaran sudah dilakukan pemerintah.

Dapat disimpulkan bahwa kecemasan dan stres yang tinggi merupakan dua pemicu utama yang dapat menurunkan produktivitas pekerja. Kedua faktor tersebut terjadi karena karyawan perusahaan retail swalayan diharuskan untuk pergi bekerja ke luar rumah di tengah riskannya paparan virus dan meningkatnya beban kerja yang harus diselesaikan. Solusi sederhana yang dapat dilakukan yaitu menghibur diri dengan humor, mendengarkan musik dan melatih kebersyukuran diri.

Dia mengatakan, pengusaha mengapresiasi langkah pemerintah yang hendak melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk kepentingan ekonomi. Meskipun ada juga anak muda yang aktif olahraga dan melakukan pola hidup sehat yang meninggal akibat COVID-19, tapi masyarkat kemudian menganggap bahwa probabilitas meninggal dunia akibat penyakit ini sangatlah rendah. dengan masker kain tiga lapis karena masker kain satu lapis diyakini tidak efektif mencegah penularan virus. Dari 1 Februari 2020 hingga 1 Agustus 2020, saya bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bandung. “Para pekerja migran Indonesia yang menggunakan moda transportasi udara harus dibekali dengan surat keterangan dari BP2MI dan surat keterangan hasil fast check dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. Sedangkan, bila akan menggunakan moda transportasi darat, ditambahkan surat jalan dari kepolisian, atau Polres yang akan dibantu pengurusannya, oleh BP2MI,” tambahnya.

Pandemi Covid-19 yang datang tanpa diundang membuat hampir seluruh daerah di Indonesia melakukan “lockdown”. Pupus kembali harapan para pekerja di luar kampung halamanya untuk mudik. Berbeda halnya dengan perkembangan penumpang angkutan kapal laut dalam negeri Januari-Desember tahun 2018 hanya 20.221 ribu orang. Sedangkan selama Januari-Desember tahun 2019 mencapai 23.932 ribu orang atau naik sebesar 18,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Turun forty,66 persen di Januari-Desember tahun 2020 yang hanya mencapai 14.202 ribu orang. Menurut data Badan Pusat Statistik , perkembangan penumpang angkutan udara domestik selama Januari-Desember tahun 2018 mencapai ninety four.137 ribu orang.

Untuk upaya identifikasi dan pemantauan, setiap pekerja diwajibkan mengisi formulir kesehatan. Satu tip yang bisa Kamu lakukan demi mempertahankan efektivitas kerja Kamu adalah cobalah tetap mempertahankan rutinitas kerja yang selama ini Anda lakukan. Misalkan, rutinitas Kamu biasanya membuat daftar pekerjaan di pagi hari atau pekerjaan penting lainnya, maka coba minta waktu di pagi hari untuk bekerja sendiri. Setelahnya, Kamu bisa mengatur kebutuhan lain sepertimeetinginternal, bertemu klien, dan yang lainnya dari siang hingga sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *