Menu Close

Suggestions Meningkatkan Kualitas Sdm Di Tengah Pandemi Covid

Jika biasanya begitu bangun kita harus menghabiskan waktu untuk mandi, bersiap-siap dan menerobos kemacetan, kerja di rumah menawarkan kesempatan untuk menarik nafas dan memberikan waktu Me Time sebelum Pins memulai rutinitas pekerjaan. Bukan rahasia lagi kalau hanya dari satu kali perjalanan saja, kita bisa menghabiskan waktu 2 – three jam di tengah – tengah kemacetan. Apalagi kalau dalam kenyataannya, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk menikmati tidur yang lebih lama, berolahraga, menikmati sarapan, memanjakan diri atau berbincang dengan orang-orang terkasih. Dengan bekerja di rumah, Pins tidak perlu berdesak-desakan di KRL, tidak perlu mengantri panjang di Bis atau tidak perlu menyetir lama dengan kendaraan pribadinya, hanya untuk menuju kantor. Apalagi bagi Pins yang bekerja di kota-kota besar, kemacetan seakan sudah menjadi makanan sehari-hari.

“Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mensinergikan kekuatan nasional, baik di pusat maupun di daerah, melibatkan ASN, TNI dan POLRI, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi,” jelasnya. “Sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi antar daerah,” kata Jokowi. Oleh karena itu dia meminta seluruh Gubernur, bupati, dan walikota untuk terus memonitor kondisi daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah kasus. Setidaknya meja kerja Anda rapi, lampu ruangan cukup menerangi, kursi yang digunakan juga nyaman untuk diduduki. Apalagi ketika do business from home, Anda pasti akan diminta untuk stand by layaknya sedang bekerja di kantor. Hand sanitizer ini juga perlu Anda sediakan di tiap-tiap outlet untuk digunakan oleh Anda, karyawan lain, atau pelanggan yang masih datang.

Bekerja dalam masa Covid

Akan tetapi, pelaku industri harus mematuhi protokol physical distancing dan kesehatan demi meminimalisir penularan Covid-19. Kita semua menyadari bahwa tidak semua daerah memiliki infrastruktur dan kualitas jaringan web yang baik. Dalam kondisi seperti ini, ASN dipaksa kreatif dalam menyelesaikan permasalahan dengan tidak menurunkan semangat dalam melayani masyarakat. Ombudsman RI selaku pengawas pelayanan juga mengubah cara mengawasi penyelenggara layanan.

Kebijakan yang terbanyak dilakukan selanjutnya adalah tenaga kerja dirumahkan atau tidak dibayar, dan memberhentikan pekerja dalam waktu singkat. Badan Pusat Statistik dalam surveinya menyebutkan ada beberapa slot no kecot kebijakan yang dilakukan perusahan terhadap tenaga kerja selama PSBB berlangsung. Sejumlah perusahaan pun melakukan penyesuaian dari sisi operasional untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya selama pandemi.

Masalah ketenagakerjaan yang muncul akibat pandemi Covid-19 antara lain pekerja dirumahkan, bekerja dari rumah, pembayaran upah, dan pemutusan hubungan kerja . Guru, orang tua dan siswa sementara harus benar-benar mentaati protokol mulai dari persiapan masuk kelas, di sekolah sampai pulang ke rumah,” tegasnya. Sebelum pandemi Covid 19 melanda, berkerumun adalah salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan saat bekerja. Misalkan saat rapat, presentasi tugas, makan bersama atau hanya sekedar berbagi cerita.

Agar bangsa bisa beradaptasi pada kehidupan new normal dan tetap harmonis melampaui Pandemi Covid-19,” jelas Direktur Utama Pelindo Marines, Umar. Tentara Manungal Membangun Desa Reguler ke-one hundred ten Kodim 0714/Salatiga, melaksanakan program tahunan, walaupun di masa pandemi Covid-19, kegiatan tetap berjalan, dan tetap menggunakan protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan. Sonny mengklaim pemerintah bakal terus berupaya mengingatkan masyarakat agar tidak mudik dan liburan. Ia menambahkan, pemerintah dan Satgas Covid-19 juga tengah berkoordinasi dengan daerah untuk merumuskan kebijakan yang mendukung aturan larangan mudik 2021. Djoko mengatakan berkaca pada libur lebaran tahun lalu, Polri yang memiliki wewenang di jalan raya tidak mampu melarang sepenuhnya mobilitas kendaraan. Sementara masyarakat mengakali dengan berbagai macam cara seperti menyulap truk untuk mengangkut orang, maraknya angkutan umum pelat hitam, hingga mudik menggunakan sepeda motor.

Ia juga menerapkan disiplin khusus, dari mengganti masker setiap selesai berkendara, mengganti sepatu ketika masuk sekolah, memakai pelindung wajah, hingga rajin mencuci tangan. Perlu untuk melakukan pemasanggan informasi pencegahan Covid-19 seperti di carry, ekskalator, bathroom ruang kerja, ruang makan karyawan, dan ruang meeting. Dia menjelaskan, potensi penularan Covid-19 dapat terjadi baik pada orang dewasa muda dan anak-anak. Bahkan apabila telah dalam kondisi kritis dapat berakibat deadly atau meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *