Menu Close

Soal Vaksinasi Mandiri, Begini Permintaan Apindo

Dengan interval antara penyuntikan vaksin pertama dan kedua itu 28 hari. Kadin bekerja sama dengan Biofarma dan ratusan rumah sakit swasta di penjuru Indonesia untuk menyukseskan program itu. “Semua itu tentu akan kami data dan nantinya akan diverifikasi oleh pemerintah,” kata dia. Menurut dia, terdapat ribuan perusahaan yang sudah menyatakan mendukung program itu.

JawaPos.com – Untuk melakukan percepatan vaksinasi agar segera mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity dengan sasaran 181,5 juta populasi, rencananya program vaksinasi mandiri segera digulirkan. Jika dalam program pemerintah menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac, maka vaksinasi mandiri rencananya menggunakan vaksin lain yakni Moderna dan Sinopharm. Saat ini, vaksin-vaksin tersebut masih dalam proses knowledge mutu dan registrasi dari perusahaan yang memproduksinya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong, pihak pelaksana harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota setempat. Harga edar vaksin untuk vaksinasi mandiri sudah ditentukan oleh Menkes. Tertuang dalam pasal 6, setiap perusahaan diwajibkan menyetor knowledge penerima vaksin jalur mandiri. Data itu setidaknya berisi jumlah karyawan yang akan divaksinasi, nama, alamat, dan nomor induk kependudukan setiap karyawan. Hal tersebut berbeda dari vaksinasi program yang dilakukan di fasyankes milik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat yang memenuhi syarat.

Vaksinasi Mandiri

Hal ini penting dilakukan agar sistem imun Anda tetap kuat dan dapat menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik untuk mencegah infeksi virus Corona. Namun, WHO tak mengeluarkan rekomendasi, tidak pula membuat pemeringkatan kualitas. Badan Kesehatan Dunia itu hanya menunjukkan bahwa record pada draft landscape itu dibuat dengan verifikasi data yang ketat. Keputusan Menteri Kesehatan nomor 9.860 tahun 2020 yang diterbitkan 3 Desember lalu menyebut ada enam vaksin yang dinilai sesuai untuk Indonesia.

Biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Pelayanan vaksinasi Gotong Royong hanya dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan, tidak di fasilitas pelayanan kesehatan. Yang jelas merek vaksin akan berbeda dengan yang vaksin gratis dari pemerintah. Untuk saat ini kami belum mendapatkan arahan dari pemerintah terkait harga dan jenis vaksin yang akan diberikan. Namun yang pasti rumah sakit akan mengorder vaksin berdasarkan data perusahaan yang sudah mendaftar di kami. Dia menuturkan, vaksinasi tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu upaya dalam melancarkan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menkes mengakui, pertarungan untuk mendapatkan vaksin saat ini sangat ketat. Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Petugas medis menyuntikan vaksin covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

“Jadi yang telah rampung 311.one hundred thirty five dan yang sudah atau baru menerima dosis 1 sebanyak 1.046.483 orang, dari goal dosis satu dan dosis dua sebanyak tiga juta orang,” kata Riza di Jakarta, Jumat (26/3/2021). Dalam pelaksanaanya, baik panitia, tenaga kesehatan, dan seluruh peserta penerima vaksin menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mngurangi mobilitas. Itenas juga juga siap menjadi penyelenggara vaksinasi untuk mahasiswa Itenas yang jumlahnya mencapai 7.000 orang lebih. Itulah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan setelah vaksinasi COVID-19.

Enam prinsip vaksinasi mandiriPertama, merek vaksin mandiri harus berbeda dengan merek vaksin free of charge. Pemerintah harus memastikan bahwa vaksinasi gotong royong tidak mengganggu pasokan vaksin gratis. Untuk merek Sinovac, kata Menkes, pemerintah menargetkan 125 juta. “Bila Sinovac dibolehkan untuk vaksin mandiri, bisa jadi jatah untuk yang free of charge berkurang karena penguasa berani membeli lebih mahal. Rencana pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 nasional melalui program vaksinasi gotong royong atau vaksinsi mandiri menuai pro dan kontra. Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kesehatan dan Keadilan Sosial termasuk salah satu yang menolak vaksinasi mandiri karena beberapa alasan.

Jenis vaksin kedua yang sedang Bio Farma coba negosiasikan untuk vaksinasi gotong royong ini adalah vaksin Moderna dari USA. Ini berbeda dengan Sinopharm yang gunakan inactivated virus, mereka menggunakan platform baru MRNa. “Yang penting, masing-masing badan usaha, sektor usaha dan koperasi memahami, mengerti bahwa prioritas kita hari ini vaksinasi agar bisa keluar dari masalah,” kata dia.

Sedangkan untuk vaksin bantuan dari pemerintah angkanya bisa sama atau lebih besar. Total ada komitmen 270 juta dosis dan ada opsi untuk membeli lagi 280 juta dosis lagi. Progres vaksinasi di berbagai negaraAda empat vaksin gratis, yakni Sinovac , Novavax dati AS, Pfizer dari Jerman, dan AstraZeneca dari Inggris. Diharapkan, vaksin dari negara lain selain RRT segera masuk ke Indionesia. Kalau nanti ada vaksin mandiri bukan vaksin buatan Tiongkok, kemungkinan besar masalah tidak ada karena warga penerima vaksin free of charge juga sudah disuntikkan denghan vaksin non-RRT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *