Menu Close

Pertama Kali Digunakan Di Diy, 7 000 Polisi Disuntik Vaksin Covid

Setelah skenario atau konsep minimal terdata, dilaporkan dan mendapatkan prioritas untuk divaksin, pemerintah daerah dapat mendata kelompok prioritas lainnya, di luar kelompok prioritas utama. Adapun konsep atau skenario yang dimaksudkan Mendagri adalah terkait dengan perlunya daerah membuat kelompok prioritas penerima vaksin. Menurut Mendagri, di masa krisis seperti pandemi saat ini, sinergisitas pemerintah pusat dan daerah mutlak diperlukan. Hanya dengan kebersamaan dan gotong royong, dapat menanggulangi pandemi dan menyehatkan masyarakat dan ekonomi. Dia terus bekerja keras memulihkan ekonomi dan memulihkan kegiatan masyarakat dengan tetap menjaga disiplin kesehatan dan menekan penyebaran dan penularan Covid-19.

Setelah menerima SMS, individu akan diberikan waktu 14 hari untuk membuat janji. “Kami akan terus memantau pasokan kami dengan cermat, tetapi kami memperkirakan pasokan international akan tetap ketat dan rantai pasokan dapat terganggu dari waktu ke waktu, yang akan mempengaruhi kecepatan vaksinasi kami,” jelasnya. JAKARTA, suaramerdeka.com – Adanya embargo India selaku negara produsen membuat stok vaksin Covid-19 terancam tidak mencukupi. Embargo itu tak lepas dari lonjakan kasus Covid-19 di negara itu, sehingga vaksin yang diproduksi tidak bisa disalurkan. “Ini kita minta masukannya dari IDI. Jangan sampai salah dalam arti mengonsolidasikan data. Begitu juga perawat. Ini juga pengalaman kita kemarin melakukan subsidi gaji di bawah Rp 5 juta dengan BPJS Ketenagakerjaan,” papar Erick Thohir. Misalnya, bagaimana kriteria dokter dan perawat yang dapat melakukan vaksinasi.

Namun, perlu diingat juga bahwa upaya pencegahan COVID-19 tersebut tentunya tetap harus disertai protokol kesehatan, misalnya dengan selalu menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan atau tempat yang ramai, mengenakan masker, dan rajin mencuci tangan. Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin. Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Aplikasi yang digunakan sementara pada saat masa angkutan lebaran yang berfungsi untuk mempermudah proses pendaftaran mudik gratis untuk masyarakat.

Padahal menurut dia, vaksin bukanlah solusi pendek dalam mengatasi pandemi Covid-19. Rencana pemerintah untuk mulai memberikan vaksin Covid-19 di bulan November mendatang menimbulkan tanda tanya. Apakah vaksin tersebut sudah layak sesuai aturan ilmiah untuk diberikan ke masyarakat. Indonesia saat ini sangat aktif melakukan diplomasi dan negosiasi untuk mendapat akses vaksin. Diplomasi vaksin yang dilakukan oleh Pemerintah tentu dalam rangka untuk memastikan ketersediaan kebutuhan vaksin untuk masyarakat Indonesia.

Ahli yang menjadi perwakilan WHO untuk COVID-19 ini menyebut tak ada jaminan vaksin bisa mengalahkan virus yang terus beradaptasi. Dibandingkan dengan influenza, SARS-CoV-2 merupakan virus baru, sehingga tubuh belum memproduksi antibodi untuk melawan virus ini. Pertanyaan apakah vaksin influenza dapat digunakan untuk COVID-19 mungkin sering muncul di benak masyarakat karena gejala dan apa yang diserang cukup mirip. Akan tetapi, menurut WHO terdapat beberapa perbedaan yang perlu diketahui terkait COVID-19 dan influenza. Vaksin flu memang tidak dapat mencegah penyakit COVID-19, tetapi tidak ada salahnya untuk rutin mendapatkan vaksin tersebut demi mencegah influenza.

Ia mengungkapkan, penekanan dari Mendagri dalam vidcon tersebut antara lain untuk tahap pertama yang akan divaksin adalah pejabat publik, pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh agama. Selain itu, diminta kepada daerah untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mengirimkan 10 sampai 20 nama yang akan divaksin dan menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi di daerah masing-masing. Menanggapi hal tersebut, Amsakar mengatakan bahwa Kota Batam siap melaksanakan arahan Menteri dan telah membentuk tim kecil untuk mempersiapkan pelaksanaan vaksin tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Berbagai upaya Pemerintah telah dan akan terus dilakukan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini.

Vaksin dapat menangani Covid

Karantina satu kota hingga negara diperlukan untuk mengurangi risiko paparan COVID-19 dari negara yang terinfeksi. Selain karena belum banyak hal yang belum diketahui dari virus ini, COVID-19 juga memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi dan dapat menimbulkan komplikasi yang parah. Namun dr. Dimas mengatakan jika ada pegawai Kementerian PANRB yang mengalami KIPI, maka akan difasilitasi untuk penanganan dan rujukan ke rumah sakit yang menangani KIPI. Dimas pun berpesan kepada masyarakat maupun ASN yang sudah menerima vaksin Covid-19 untuk tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *