Menu Close

Pendaftaran Sasaran Vaksinasi Covid

Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Windu Purnomo menilai keputusan BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 bagi lansia sudah tepat. Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar eleven dari a hundred warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu.

Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 62 per a hundred penduduk. Sekitar 6,eight juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal gratis PRAGMATIC SLOT. Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer. Israel berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan kuota vaksinasi corona per kapita tertinggi sedunia.

“Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya. Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2). Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun. Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca dalam penjelasan perlindungan data kami. “Vaksin ini bisa diberikan di atas 18 tahun, juga untuk lansia. Untuk lansia sangat baik, sangat aman, dan juga imunogenisitasnya cukup tinggi,” kata Ketua ITAGI Sri Rezeki Hadinegoro dalam konferensi pers digital, Selasa (30/3).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia rendah. Budi Gunadi Sadikin mengakui cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia rendah. Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan, pelaksanaan vaksin untuk lansia tersebut dibuka dari jam 8.00 sampai dengan jam 16.00 Wita.

Setelah vaksinasi, lansia harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi. Jika tidak ada keluhan, lansia akan diberikan kartu vaksin dan dalam 28 hari akan kembali mendapatkan jadwal vaksinasi. Lansia yang berumur 60 tahun dan diatas 60 tahun dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Di lokasi observasi, penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi. Sementara itu untuk vaksinasi bagi pelaku sektor pariwisata, Kemenkes bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan Grab dan Good Doctor.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah meluncurkan program vaksinasi COVID-19 untuk kelompok masyarakat lanjut usia . Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada website bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. JAKARTA — Pemerintah Indonesia telah memulai vaksinasi Covid-19 tahap II untuk kelompok sasaran lanjut usia dan petugas pelayanan publik.

“Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M, meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” kata Nadia. Nadia mengatakan bahwa pihaknya menjamin bahwa pelaksanaan vaksin di fasilitas kesehatan maupun vaksinasi masal yang taat protokol kesehatan. Kemudian institusi atau organisasi tersebut bekerja sama dengan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota lalu menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi massal. Pendaftaran dengan metode kedua yaitu vaksinasi massal yang dilakukan organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes ataupun Dinkes Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Selain mendaftar mandiri secara online, lansia juga bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 massal, yang diselenggarakan oleh organisasi atau institusi, yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan setempat.

Tak hanya itu, mereka yang berencana untuk menunaikan haji pun perlu mendapatkan vaksin tersebut. Ada dua tipe vaksin untuk lansia guna mencegahpneumonia, yaitu pneumokokal konjugat thirteen-valent (PVC-thirteen), dan pneumokokal polisakarida . Oleh karena itu, vaksin pneumonia sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lansia. Bila sudah terserang penyakit, pasien lansia rentan mengalami berbagai komplikasi dan perlu perawatan lebih intensif.

Vaksinasi bagi Lansia

Jika lolos, peserta dapat menerima suntikan vaksin oleh petugas vaksinator. Menurutnya, lebih dari 500 orang lansia di Kota Pekalongan telah terdaftar lewat tautan tersebut. Jumlah tersebut masih terus bertambah karena antusias dan semangat warga yang cukup tinggi untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi.

Kedua vaksinasi tersebut idealnya dilakukan kepada setiap orang dewasa sejak usia lebih dari 18 tahun. Untuk hepatitis A diberikan dalam dua dosis, sementara hepatitis B diberikan dalam tiga dosis. Penyakit ini banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan, dan lansia dengan penyakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *