Menu Close

Pemerintah Distribusikan Vaksin Covid

Pelaksanaan vaksinasi secara gotong royong oleh perusahaan merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat pelaksanaan imunisasi guna mewujudkan kekebalan komunitas terhadap Covid-19. Hingga saat ini Pemerintah masih melaksanakan program vaksinasi Covid-19 gratis dengan sasaran prioritas tenaga kesehatan. Pemerintah memprioritaskan tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun dalam program vaksinasi COVID-19 yang dimulai hari ini, Senin (8/2). Golongan usia tersebut mendapat prioritas karena tingginya risiko terpapar dan tingkat kematian. Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi terhadap complete 1,5 juta tenaga kesehatan bisa selesai akhir Februari 2021.

“Sehingga kita bisa memastikan tidak akan ada kebocoran vaksin tersebut yang akan digunakan untuk vaksin gotong royong,” jelasnya. “Kami minta masyarakat tetap berhati-hati, dalam memilih dan memilih informasi yang ada. Saring dahulu informasi yang didapat. Telusuri dulu dari mana sumbernya. Jangan sampai kita semua menjadi korban hoaks,” tutupnya. Imunisasi Campak diberikan untuk mencegah penyakit campak yang dapat mengakibatkan radang paru berat , diare atau menyerang otak. Vaksin Hepatitis B diberikan untuk mencegah penyakit Hepatitis B yang dapat menyebabkan pengerasan hati yang berujung pada kegagalan fungsi hati dan kanker hati. Kementerian Kesehatan menyatakan, telah mengubah konsep imunisasi dasar lengkap menjadi imunisasi rutin lengkap.

Anak justru berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit dan mengalami gejala yang lebih parah jika tidak mendapatkan imunisasi. Muhammadiyah, kata dia, sejak awal mendukung langkah-langkah pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Dukungan tersebut diwujudkan dalam berbagai langkah, seperti pembentukan Pusat Komando Covid-19 untuk mendukung pengobatan di rumah sakit. Kementerian Kesehatan saat ini sedang membangun platform yang tepat sehingga di saat jumlah vaksin yang datang sangat banyak, bisa cepat melaksanakan vaksinasi massal untukjutaan penduduk. Jumlah ini bisa diperoleh dari dua opsi, yaitu vaksin gratis maupun vaksin berbayar. Pemerintah menunjuk dua BUMN, yakni PT Telekomunisasi Indonesia dan PT Bio Farma untuk menyelenggarakan sistem informasi satu data vaksinasi Covid-19.

Sel darah putih tadi akan membunuh sel yang terinfeksi oleh virus melalui sebuah reaksi germinal di dalam tubuh,” jelas dr. Iqbal. Dalam uji klinis, produsen vaksin sudah terlebih dahulu menguji dosis tertentu pada suatu interval waktu untuk mengetahui seberapa baik vaksin COVID-19 bekerja. Jika sekali terjadi lumpuh pada tungkai dan lengan, maka tak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Jika Mama melahirkan dengan menggunakan fasilitas dari BPJS Kesehatan, maka vaksin ini takkan dipungut biaya saat diberikan pada si Kecil di hari pertama atau kedua hidupnya.

Sementara dari sisi anggaran vaksinasi, Wiku menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada kendala. Hal ini bertujuan untuk herd immunity atau kekebalan kelompok melalui program vaksinasi. Banyaknya kandidat vaksin yang telah ditetapkan pemerintah bertujuan untuk memastikan kebutuhan vaksin dalam negeri tercukupi. Nantinya, vaksinasi akan diberikan secara bertahap, dalam memprioritaskan kelompok prioritas untuk menerima vaksinasi. Imunisasi adalah suatu upaya untuk membentuk atau meningkatkan kekebalan tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak, terhadap suatu penyakit. Tujuan pemberian imunisasi adalah untuk mencegah penyakit tertentu atau menghindari risiko munculnya gejala yang berat saat terserang suatu penyakit.

Politisi PKS ini mempertanyakan, apakah Pemerintah dan Holding BUMN farmasi sudah membangun sistem pendataan, distribusi, pelaksanaan, serta edukasi vaksinasi yang benar bagi warga Indonesia secara keseluruhan ? Sistem ini bersifat terbuka dan dapat diakses oleh publik, sehingga masyarakat bisa mengetahui perkembangan vaksinasi dengan baik dan benar. Salah satu prosedur kesehatan yang ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah imunisasi.

Diketahui, sebelumnya, LPPOM MUI menemukan bukti bahwa vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca dalam proses produksinya menggunakan menggunakan unsur tak suci dan haram lantaran mengandung tripsin yang berasal dari pankreas babi. Komisi Fatwa pun memutuskan Vaksin tersebut haram, kendati demikian, Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca itu tetap boleh digunakan karena adanya unsur darurat dan mendesak demi mengatasi pandemic Covid-19. “Sementara skema mendapatkan vaksinasi di fasyankes masih dimatangkan lebih lanjut,” jelasnya. Ia menuturkan bila pihaknya pun akan secara langsung memantau vaksinasi yang dilakukan di lapangan dari mulai kualitas vaksin yang disimpan hingga proses penyuntikan vaksin tersebut. “Untuk mengatasi ini, kami bekerjasama dengan militer serta dengan pemerintahan lainnya untuk membuat distribusi vaksin berjalan mudah,” tegasnya. Muhammadiyah, kata dia, sejak awal mendukung langkah-langkah pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Vaksin dari pemerintah

Hal ini akan membuat kuman penyakit semakin mudah berkembang biak dalam tubuh anak. Efek samping imunisasi tidak sebanding dengan bayi yang tidak mendapat imunisasi. Sebaliknya jika anak tidak mendapatkan imunisasi, tubuh tidak memiliki sistem pertahanan khusus yang bisa mendeteksi jenis-jenis penyakit berbahaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *