Menu Close

Panduan Cepat Bagaimana Vaksin Covid

Menurutnya, teknik mRNA bekerja merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali sel kanker dan kemudian menyerangnya. Berbeda dengan vaksin jenis lainnya seperti Moderna dan Pfizer yang menggunakan mRNA, CoronaVac menggunakan keseluruhan virus yang telah dilemahkan. Penggunaan mRNA berarti bahwa sebagian materi genetik COVID-19 akan diinjeksikan ke dalam tubuh yang kemudian akan merangsang pembentukan antibodi. Prof Luo Dahai dari Nanyang Technological University memberikan pernyataan bahwa teknik sintesis vaksin yang dilakukan oleh Sinovac ini telah sukses diaplikasikan untuk penyakit seperti rabies. Kelebihan lain yang dimiliki oleh vaksin Sinovac merupakan suhu penyimpanan yang berada pada rentang 2 – eight permainan online derajat Celcius, memudahkan proses transportasi vaksin bagi negara dengan iklim yang lebih hangat. Sementara itu, efikasi vaksin Johnson & Johnson pada kasus Covid-19 dalam tahap uji coba di beberapa wilayah menunjukkan hasil yang berbeda-beda, Amerika Serikat seventy two%, Amerika Latin 66%, dan Afrika Selatan 57%.

Dua sukarelawan disuntik dengan vaksin tersebut, dan mereka adalah yang pertama dari 800 orang yang direkrut untuk penelitian ini. Setengah dari mereka akan diberi vaksin Covid-19, setengahnya lagi disuntik dengan vaksin meningitis, bukan virus corona. Dia menambahkan, kekebalan tidak akan langsung ada ketika vaksin selesai disuntikkan. Karena kekebalan baru terbentuk hari setelah suntikannya lengkap, di mana terkait vaksin Covid-19 membutuhkan dua dosis.

Adjuvan merangsang sistem kekebalan untuk meningkatkan responsnya terhadap vaksin. Jika cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. Jika cocok, sel B juga diaktifkan, berkembang biak, dan mengeluarkan antibodi untuk melawan virus corona.

Jadi, Anda tidak akan tertular penyakit dari vaksin yang diberikan meskipun itu adalah bagian kuman yang dilemahkan. Ada beberapa vaksin sebelumnya yang diberikan secara berkala atau lebih dari sekali. Hal ini dimaksudkan agar tubuh dapat membentuk antibodi berumur panjang dalam membasmi virus atau patogen. Selain itu, antibodi dapat mengembangkan sel memori yang bisa menangkal patogen lebih cepat daripada saat pertama kali menghadapinya.

Cara kerja vaksin covid

Hasilnya, sistem imun akan selalu bersiap atas serangan penyakit sebenarnya karena sudah “ingat” organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. Pemberian vaksin akan menurunkan risiko orang-orang terserang penyakit. “Herd immunity bisa dilakukan bila sudah banyak masyarakat Indonesia yang telah melakukan vaksinasi. Namun sampai saat ini di Indonesia vaksinasi belum ada dan belum ada knowledge mengenai seberapa kuat sistem imun yang dimiliki oleh orang Indonesia.

Namun, kekurangannya adalah, pendekatan ini mengharuskan kita mendapatkan beberapa dosis agar terbentuk kekebalannya. Sedangkan vaksin dengan metode virus inaktif, virus dimatikan dengan zat kimia. Dengan membunuh virus, tidak dimungkinkan replikasi dan tidak mungkin menyebabkan penyakit ketika disuntikkan dalam tubuh kita. Namun, virus tetap bisa dikenali oleh tubuh kita sehingga sistem imun seluler tetap bisa melawan virus di kemudian hari. Keuntungan dari vaksin virus yang lemah adalah dengan satu atau dua dosis pemberian saja maka bisa didapatkan kekebalan dengan durasi yang sangat panjang.

Vaksin yang diproduksi oleh Sinopharm dilaporkan memiliki efektivitas sebanyak seventy nine,34 persen. Namun uji coba yang Sinopharm yang dilakukan di UEA menunjukkan bahwa vaksin tersebut memiliki efektivitas hingga 86 persen. Ketika pembangunan pabrik baru terus mengalami kemajuan yang meningkat, produksi sementara vaksin telah dimulai di emirat Ras al-Khaimah oleh Julphar. Lini produksi sementara itu memiliki kapasitas awal dua juta dosis per bulan. Sejauh ini belum ada kejelasan sampai kapan produksi sementara itu akan dilakukan dan kemudian dialihkan ke pabrik yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *