Nutrisi & Stimulasi Dukung Anak Pintar ? Ini Alasannya

Bahkan terakhir keluhan guru masih sama waktu masuk pertama sekolah, dan dikhawatirkan jika seperti ini terus maka tidak akan naik kelas, padahal anak saya sudah bersekolah di SD favorit Jogja. Harus bagaimana lagi cara saya mendongkrak semangat belajar anak saya? Kerena hanya emosi yang selalu tumbuh jika upaya-upaya saya yang selalu gagal dalam memperbaiki kondisi ini.

Meskipun di Indonesia memiliki sistem pembelajaran yang sudah ditetapkan secara nasional, orangtua dan guru perlu memberikan dukungan penuh untuk anak. Saat mencoba menjalankan kebiasaan baru, sebagian orang sulit untuk mematuhi dan menjalankan hal tersebut. Hal yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan kebiasaan belajar terhubung dengan rutinitas harian yang dijalankan. Orangtua dapat melengkapi ruang belajar anak dengan peralatan yang memadai, seperti pensil, rak buku, dan sebagainya.

Runtutan tugas yang semakin hari semakin banyak, terkadang membuat si anak harus belajar lebih ekstra dengan melebihi waktu atau jadwal yang telah dibuat. Demi mengejar dateline terkadang siswa juga mengabaikan waktu istirahat selama belajar. Dengan Slot Online adanya jadwal seperti ini, selain siswa dapat belajar secara fokus, siswa juga memiliki kegiatan beragam dalam satu hari dan pastinya berinovasi setiap harinya. Sehingga siswa tidak akan menemukan aktifitas yang menjenuhkan atau monoton.

Kemudian susunlah buku-buku dan alat tulis si kecil dengan rapi sehingga saat dia tidak sulit saat mencarinya. Jangan lupa pajang ‘pojok’ belajar dengan karya yang pernah dibuat si kecil seperti gambar atau hasil lipat kertasnya. Agar anak lebih tertarik dalam membaca dan belajar, orangtua disarankan untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah. Namun, cara mengatasi anak susah belajar ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang. Sebab, hal ini dapat membuat anak hanya mau belajar jika diberikan hadiah. Untuk menumbuhkan niat dan tekad anak supaya tidak malas, kenali lebih lanjut berbagai cara membuat anak pintar dan rajin belajar berikut ini.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Namun jika motorik halus dan kognitifnya tidak ada masalah, maka yang perlu diamati adalah masalah emosi sosialnya. Kamu tidak harus menuntut sang buah hati sesuai dengan keinginan. Arahkanlah dengan bahasa yang sopan, tutur kata yang lembut, dan hindari kekerasan. Berikan sepenuh cinta dan kasih sayang karena golden age adalah usia yang menjadi parameter sederhana guna menilai kenormalan status kesehatan sang buah hati kelak.

Jika biasanya mereka belajar di sekolah denga beragam kegiatan, maka selama belajar di rumah ini, setiap siswa atau anak hanya akan melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Akibatnya, semakin hari si anak akan mulai mengalami penurunan semangat belajar. Pembelajaran yang diberikan kepada anak di usia dini juga cenderung lebih bertahan lama dibandingkan dengan memberikan pembelajaran pada anak dengan usia remaja.

Orang tua perlu mengenali dan memahami dulu karakter anak agar dapat mendampingi proses belajarnya dengan optimal. Yang terpenting, orang tua perlu mendorong anak untuk belajar karena kebutuhan, bukan karena suatu keharusan. Sering kali anak menganggap belajar merupakan kewajiban semata, karena ia tidak mengerti makna dan manfaat dari materi yang ia pelajari. Oleh karena itu, orang tua perlu membantu anak untuk mengenali dulu tujuan belajarnya.

Anak bakal merasa lebih diperhatikan, dampaknya muncullah tanggung jawab dalam dirinya untuk lebih serius belajar. Anak yang usianya lebih kecil, biasanya akan mencontoh kakak atau saudaranya. Minta bantuan mereka untuk duduk bareng dan sekolah online di ruangan yang sama. [newline]Kemudian, dorong mereka untuk pakai seragam sekolah agar anak merasa sama seperti belajar di sekolah. Katakan juga, semua sekolah sedang ditutup akibat pandemi, tapi kegiatan belajar tetap harus dilakukan. Sebaiknya, anak diberikan pemahaman yang tegas bahwa mereka harus menjalani pembelajaran online karena pandemi virus corona.

Begitu juga sebaliknya, orang akan merasa sedih jika dirinya berada di bawah orang lain. Misalnya, lebih bodoh, paling malas, selalu gagal, dan lainnya. Nah, dari sinilah setiap orang punya naluri untuk berkompetisi.

Hindari makan dalam porsi besar atau makanan cepat saji selama waktu ujian. Selain mengatur porsi makan, mengonsumsi buah-buahan dan sayur akan membantu otak berpikir jernih. Selain itu, sebisa mungkin hubungkanlah segala aktivitas dengan pembelajaran. Sehingga segala sesuatu yang dilihat dari position modelnya akan selalu ditirukan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *