Menu Close

Nih Syarat Lansia Lebak Bisa Dapat Jatah Vaksinasi Covid

“Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” ucap dr. Nadia. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Untuk pelaksanaan vaksinasi di D.I Yogyakarta sampai dengan saat ini dari sasaran nakes sebanyak 37.637 sudah teregistrai sebanyak 37.314 (99,14 %). Nakes yang divaksin pada 1 sebanyak 30.794 (81,eighty two%) dan divaksin tahap 2 sebanyak 7.947 (21,eleven%).

Vaksinasi bagi Lansia

Hendra juga berharap agar vaksinasi juga diberikan bagi relawan agar tetap bisa menjalankan kegiatan sosial di Batam ke depannya. Sementara itu, Perwakilan Pendiri L&K Charity Group, Hendra Asman, sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Batam yang terus menjalankan vaksinasi Covid-19. Ia menyampaikan, L&K Charity Group siap berkolaborasi dan menjadi mitra pemerintah untuk menjalankan program-program sosial di Batam. Bagi lansia yang sudah menerima vaksin harus kembali ke RSUD Kembangan 18 hari setelahnya untuk mendapatkan vaksinasi yang kedua. Dalam proses menerima suntikan yang kedua ini, penerima vaksin cukup membawa surat keterangan berisikan tanda sudah menerima vaksin dan jadwal kedatangan mereka yang kedua.

Mereka mendatangi setiap rumah warga untuk mengajak dan menerangkan pentingnya Vaksinasi Covid-19 dengan satu tujuan, yakni memutus penyebaran Covid-19. BPOM memiliki hak untuk meninjau atau melakukan evaluasi aspek manfaat dan keamanan vaksin berdasarkan bukti terbaru. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira one hundred sampai 200 meter, atau penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun. Untuk memastikan lawan bicara Anda tidak berbohong, ada beberapa tanda yang bisa dilihat. “Peserta bisa mendaftar dengan mengunjungi web site Kemenkes yaitu dan web site KPCPEN di Kedua website tersebut tersedia link untuk menjawan sejumlah pertanyaan untuk diisi,” kata Nadia saat konferensi pers secara virtual Jumat (19/2/2021). “Kami dari pendiri sungguh tergugah saat kami diberi kesempatan berkontribusi untuk berbuat baik di kegiatan yang hebat ini (vaksinasi Covid-19 bagi lansia),” ujar Anggota DPRD Batam tersebut.

Jakarta – Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan sekitar 70 persen dari proporsi vaksin. Vaksin Covid-19 untuk lansia ini dimulai di Jakata dan ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Kedua lokasi menjadi prioritas karena tercatat lebih dari 65% kasus covid-19 ditemukan di dua wilayah tersebut. Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik.

Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada web site bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat.

Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara on-line sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19. Sejak imunisasi dimulai minggu lalu, antusiasme lansia untuk mengikuti vaksinasi terbilang tinggi. BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Karena, untuk vaksinasi tahap dua ini, sistem yang digunakan bottom up.

Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu, sesuai dengan ketersediaan vaksin dan goal prioritas yang ditetapkan pemerintah. Selanjutnya, Dinkes Provinsi akan menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Nadia berharap peserta bersabar menanti informasi yang akan diberikan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota juga melalui puskesmas/RS setempat untuk pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi terhadap lansia bisa dilakukan melalui Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah.

Mari kita daftarkan Keluarga yang berusia 60 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Rencana akan tiba forty ribu vaksin untuk Batam yang akan kita fokuskan bagi lansia dan para guru,” ujarnya. Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi.

“Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening. Walaupun sebetulnya malam kita hubungi juga dilakukan screening singkat untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, sedang ada keluhan atau tidak, sehingga bisa dilanjutkan pada hari ini,” jelas Iqbal. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” imbuhnya. “Pada saatnya semua akan divaksin. Namun karena saat ini vaksinnya masih terbatas, maka perlu pengaturan dengan memberlakukan skala prioritas sesuai ketentuan dari pemerintah pusat,” ucapnya. Sebab pemenuhan kebutuhan akan vaksin bisa terus diperbarui dan dimintakan kekurangannya ke pemerintah pusat. E-voucher yang diterima bukan jaminan untuk mendapat vaksinasi karena akan diverifikasi ulang oleh sistem P-Care.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *