Menu Close

Menurut Ahli, Begini Cara Kerja Vaksin Covid

Program vaksinasi Covid-19 memang banyak tantangannya, tetapi kita harus berupaya hasilnya maksimal. Dalam hal ini, harus ditekankan, pandemi tak hilang hanya dengan vaksinasi, melakukan 3M, juga tak akan hilang dengan melakukan 3T saja. Namun, saat harus kunjungan untuk suntikan vaksin kedua kebetulan hujan lebat, sungai banjir, atau halangan lain, dia tak dapat datang ke puskesmas sehingga suntikan kedua gagal diterima.

Cara Vaksin Covid

Selain itu, hindari berita-berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, yang sifatnya menakut-nakuti. Hindari juga meneruskan berita berita yang demikian ke orang lain. Dokter Lahargo menyarankan agar untuk mencari informasi dari sumber yang dapat dipercaya, karena menurutnya rasa takut dan cemas biasanya muncul karena ketidaktahuan. Tahap berikutnya, pada pos four peserta diminta menunggu selama 30 menit untuk diobservasi ada tidaknya KIPI. Apabila KIPI terjadi, maka mereka harus membunyikan klakson kendaraan.

Bibit virus itu diperbanyak sehingga disimpan kepada ratusan wadah yang nantinya digunakan untuk memproduksi bahan aktif dari vaksin itu sendiri. Sel suspensi ini, kata dia sudah tidak lagi menempel dengan HEK 293, lalu bank sel untuk produksi itu nantinya digunakan untuk memproduksi bibit virus. Ia menjelaskan sel HEK 293 memiliki sifat menempel di wadah penyimpanannya. Jadi untuk memisahkan sel HEK 293 dibutuhkan Tripsin untuk mengangkat sel tersebut dari wadah. Anita mengatakan pengembangan yang dilakukan tim Oxford merupakan metode umum yang dilakukan oleh berbagai tim riset yang menggunakan adenovirus sebagai platform teknologi vaksin virus Corona. “Di sini menariknya adalah proses merekayasa virus lain supaya bisa menjadi vaksin untuk infeksi virus yang lain,” ujar Anita pada diskusi virtual pembuatan vaksin Covid-19, Senin (29/three/2021).

Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi COVID-19 melakukan registrasi dimana pun. Sementara ini registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Fimela.com, Jakarta Pemberian Vaksin COVID-19 sedang berlangsung di Indonesia, secara bertahap. Tak hanya berdiam diri dan ingin mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi, Anak usaha PT Kalbe Farma Tbk, KlikDokter menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 secara free of charge untuk masyarakat lanjut usia . Setiap harinya, KlikDokter menargetkan ada 500 lansia yang menerima vaksin COVID-19. Usai vaksinasi, peserta bisa mendapatkan sertifikat vaksin melalui aplikasi Halodoc dan menanti informasi selanjutnya mengenai jadwal vaksinasi dosis ke-2.

Ia mengatakan bahwa vaksin merupakan virus mati atau virus yang sengaja dilemahkan, kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia untuk merangsang sistem imun agar melawan benda asing tersebut. Calon penerima vaksinasi COVID-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin’. Setelah information terisi, Dinas Kesehatan akan mendapatkan knowledge dan menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi ke daerah tempat di mana peserta tinggal secepat mungkin. Bagi pengidap gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi, vaksinasi harus ditunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *