Menu Close

Mengatasi Rasa Cemas Kembali Ke Kantor Saat Covid

Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dalam menghadapinya karena ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya seperti sering mencuci tangan. Instansi pemerintah, swasta, sekolah, dan sektor lainnya mau tidak mau juga harus bisa beradaptasi, misalnya dengan belajar dan bekerja dari rumah. merupakan sistem yang dipilih pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19. Dengan bekerja dari rumah diharapkan akan menjaga jarak sosial, yakni mengurangi mobilitas orang, menjaga jarak fisik, dan mengurangi kerumunan orang. Selain dari faktor internal, faktor eksternal juga disinyalir menjadi penghambat kinerja para ASN. Ketidakadaan atau ketidaklengkapan sarana dan prasarana di rumah untuk menunjang pekerjaan mereka menjadi penghambat kinerja mereka dalam melayani publik secara baik.

three)Mendorong pekerja untuk mampu deteksi diri sendiridan melaporkan apabila mengalamidemam/sakit tengorokan/batuk/pilekselama bekerja. l.Jika memungkinkan,menyediakan transportasi khusus pekerja untuk perjalanan pulang pergi dari mess/perumahan ke tempatkerja sehingga pekerja tidak menggunakan transportasi publik. 2) Pengukuran suhu tubuh jangan dilakukan di pintu masuk dengan tirai AC karena dapat mengakibatkan pembacaan hasil yang salah.

Untuk membangun kebersamaan dan kepercayaan,team leaderbisa menginisiasi diskusi empat mata dengan semua anggota tim secara bergiliran, untuk mendengarkan keluhan atau masukan dari anggota tim terkait adaptasinew normalini. Hilangkan rasa curiga, percayalah dengan kemampuan semua anggota tim termasukteam chief. Team leaderjuga harus mengajak anggota tim mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Misalnya, apa saja yang harus diperbaiki dan bagaimana cara agar mencapai target dan cita-cita tim kerja maupun perusahaan.

Bekerja dalam masa Covid

DalamHarvard Business Review, Ibarra mengungkapkan, ada sejumlah prinsip utama untuk membuat Anda tetap fokus pada sasaran karier, bahkan selama masa-masa sulit. Ia menekankan, masuk akal jika kita mempersiapkan berbagai opsi, daripada hanya berpegang pada satu hal. Menurut dia, opsi-opsi yang Anda siapkan bisa jadi lebih realistis daripada yang lain, tetapi dapat peluang baru dan membuat Anda lebih mengembangkan diri untuk sesuatu yang lebih baik.

Adaptasi yang cepat terhadap perubahan dan perlunya berdamai dengan ketidakpastian terhadap kondisi juga dirasakan oleh Anjar. Kebijakan WfH menuntutnya harus tetap aktif bekerja dengan menyesuaikan pada pola kerja yang benar-benar baru. Dalam istilahnya, semua kegiatan di-online-kan, sehingga otomatis tata laksana di setiap kegiatan pun menjadi berubah. Anjar tidak menampik bahwa ia sempat mengalami stres akibat perubahan-perubahan di masa pandemi ini. Belum lagi, ia juga perlu setting mood dan membangun suasana nyaman selama WfH. Hal ini mampu ia hadapi dengan tetap memegang prinsip bahwa hidup itu sebuah perjalanan yang menjadikan seseorang bertumbuh menjadi lebih baik.

Kita juga harus membiasakan rutin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer disela-sela aktifitas, misalkan usai bertemu dengan relasi, usai menerima uang tunai dan lainnya. Ia berpesan pada Rangga, meski rajin membantu orang tua, namun ia tak boleh lengah untuk tetap semangat belajar. Usai berbincang-bincang dengan Rangga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi apa yang telah dilakukan Rangga untuk keluarga. Ia berangkat sekitar pukul 07.00 pagi kemudian keliling berjualan donat. Siang hari ia sempatkan pulang kembali ke rumah untuk istirahat dan mengambil donat lagi untuk dijual keliling hingga sore hari.

Berkomunikasi secara terstruktur dan menerima informasi secara bertahap untuk memantau situasi dan keadaan setiap kegiatan bisnis yang dilakukan karyawan. Penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari. Khusus Anda yang menggunakan transportasi ojek on-line sehari-hari, sebaiknya kingkong slot Anda membawa helm sendiri untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Dengan membawa helm sendiri, Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan. Menurut beberapa studi, uang dapat menjadi tempat virus dan bakteri singgah. Meski belum ada bukti spesifik tentang virus corona, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati.

Tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama di area kerja. Selama perjalanan, upayakan tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan. Untuk memastikan lawan bicara Anda tidak berbohong, ada beberapa tanda yang bisa dilihat. Program ini diberikan prioritas pada keluarga-keluarga miskin, pengangguran, atau yang setengah menganggur.

Situs seperti ini disebut sebagai stock website, sedangkan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut inventory artist. Upload konten yang menarik dan gunakan caption yang relatable dengan follower kamu. Perlahan followers kamu akan meningkat dan kamu bisa menawarkan jasa endorsement untuk online store atau perusahaan yang ingin bekerjasama. Selain memanfaatkan market, kamu juga dimudahkan dengan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *