Menu Close

Mekanisme Vaksin Mandiri Segera Diputuskan

Pemerintah memiliki target yang telah ditentukan dalam pendistribusian vaksin ke masyarakat. Terdapat 107 juta penduduk Indonesia yang akan menjadi prioritas vaksin Covid-19. Penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untu vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk vaksinasi program pemerintah. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan lewat vaksinasi Gotong Royong demi mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya kekebalan kelompok. KOMPAS.com – Pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin resmi menerbitkan aturan terkait vaksinasi Covid-19 jalur mandiri. Untuk vaksinasi gotong royong, jenis vaksin yang digunakan harus mendapat persetujuan pengguna pada masa darurat atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Cara Vaksin Covid Mandiri

Soleh mengatakan, penerima vaksin dalam kondisi baik, akan diterbitkan sertifikat yang akan disebar ke berbagai instansi, misalnya ke kereta api. Scan barcode tersebut harus dibawa oleh orang yang akan menerima vaksin ke tempat penyuntikan. Lalu “silakan scan dan masuk ruang tunggu. Setelah itu akan disuntik,” papar Soleh. Untuk perusahaan yang ingin permainan online membeli vaksin bagi karyawannya, Soleh mengatakan, saat pembayaran tidak perlu dilakukan. Jakarta, IDN Times – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir meminta masyarakat yang mampu, membayar sendiri vaksin COVID-19. Senada, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan juga tidak menganjurkan seseorang melakukan tes antibodi mandiri setelah vaksin COVID-19.

Kendati demikian, saat ini, mulai beredar iklan atau promo mengenai Pre-Order Vaksinasi Covid-19 jalur mandiri yang beredar di sosial media, dari beberapa Fasilitas Kesehatan. Dalam rapat terbatas pada 18 Juni 2020 di Istana Merdeka, Jokowi menegaskan jajarannya untuk bekerja lebih dari “biasa-biasa saja” mengacu kepada situasi darurat pandemi COVID-19 saat ini. Ia mengatakan belanja kementerian, salah satunya Kementerian Kesehatan tergolong rendah padahal anggaran sebesar Rp 75 triliun sudah disediakan. Tanggal 2 Maret 2020, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo didampingi Menkes kala itu Terawan Agus Putranto umumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang.

Jika telah rampung proses penyuntikan, masyarakat akan mendapatkan sertifikat yang menandakan telah dilakukan vaksinisasi. Kemudian, masyarakat tinggal datang ke lokasi yang dipilih untuk dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19. WowKeren – Pemerintah Indonesia menjelaskan penyaluran vaksin virus corona di Tanah Air.

Meski belum ada element jumlah vaksin Corona yang disediakan untuk program mandiri, Kementerian Kesehatan memastikan jenis vaksin Corona untuk program mandiri berbeda dengan yang digunakan pada vaksinasi program pemerintah. Dalam pelaksanaannya, Menteri BUMN Erick Thohir telah menugaskan PT Telekomunikasi Indonesia dan PT Bio Farma untuk melakukan pendataan masyarakat yang ingin melakukan vaksin mandiri. Sebagian vaksin akan diberikan berbayar dengan istilah vaksinasi mandiri untuk kalangan masyarakat yang mampu. Efikasi vaksin sebesar sixty five,3 persen dari hasil uji klinik di Bandung menunjukkan harapan bahwa vaksin Sinovac mampu untuk menurunkan kejadian penyakit Covid-19 hingga sixty five,three persen. Kini pemerintah memprioritaskan vaksin Covid-19 hanya kepada tenaga kesehatan pada vaksinasi gelombang pertama. “Untuk vaksin Covid-19 kami belum ada informasi harga, merek, dan pelaksanaannya kapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *