Lansia Belum Masuk Program Vaksinasi Di Bandung, Ini Cara Daftarnya

Program vaksin mandiri hanya bisa dibuka jika seluruh masyarakat yang menjadi target vaksinasi gratis sudah mendapatkan suntikan vaksin. Untuk saat ini, keterlibatan swasta dalam program vaksinasi dibutuhkan, namun bukan dalam rangka untuk mendapatkan prioritas. Untuk perusahaan swasta yang ingin mengikuti program vaksinasi gotong royong dapat mendaftar melalui situs resmi yang dibuat Kamar Dagang dan Industri Indonesia yakni vaksin.kadin.id. JAKARTA – Pemerintah terus mendorong percepatan program vaksinasi nasional melalui vaksinasi jalur mandiri atau gotong royong. Untuk mendukung percepatan, pemerintah melalui Bio Farma menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan vaksinasi gotong royong.

Cara daftar Vaksin Gotong Royong COVID-19 gratis untuk karyawan dan keluarga. Saat mendekati hari vaksinasi, peserta bakal mendapatkan pemberitahuan untuk datang di waktu yang telah ditentukan di klinik, fasilitas kesehatan, rumah sakit yang dipilih. Untuk itu, peserta perlu untuk mengisi consent/assent kind untuk mendapatkan kode khusus berupa QR code.

Menurutnya, semakin cepat vaksinasi selesai, maka proses pemulihan ekonomi nasional semakin cepat terwujud. Dilansir dalam ANTARA pada 17 Mei 2021, Arya Sinulingga menyebut sudah ada 1 juta vaksin Sinopharm yang tiba di Indonesia pada akhir April lalu untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. “Calon penerima vaksin akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu information untuk vaksinasi ini. Informasi satu data ini akan mencatat barcode dari jenis vaksin yang akan didapatkan setiap orang,” jelasnya.

Menkes mengakui, pertarungan untuk mendapatkan vaksin saat ini sangat ketat karena penduduk dunia mencapai 7,8 miliar. Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Paling tidak, vaksin untuk penyuntikan dua kali 182 juta sudah aman,” kata Budi.

“Kami, diberikan tanggung jawab untuk membantu 20 juta vaksin dari complete yang pemerintah berikan yaitu 175 juta vaksin,” kata dia. Kadin bekerja sama dengan Biofarma dan ratusan rumah sakit swasta di penjuru Indonesia untuk menyukseskan program itu. Setelah mendaftar, peserta yang ingin melakukan vaksin corona secara mandiri secara otomatis dianggap sudah melakukan pemesanan awal alias pre-order atas vaksin corona.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Bagi masyarakat yang termasuk golongan di atas, bisa melakukan pengecekan knowledge atau registrasi ulang hingga jadwal vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.id. “Sehingga kita bisa memastikan tidak akan ada kebocoran vaksin tersebut yang akan digunakan untuk vaksin gotong royong,” jelasnya. Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong tidak dipungut biaya atau free of charge, sesuai bunyi Pasal 3 ayat . “Yang penting, masing-masing badan usaha, sektor usaha dan koperasi memahami, mengerti bahwa prioritas kita hari ini vaksinasi agar bisa keluar dari masalah,” kata dia. Kadin mencatat sedikitnya three,5 juta orang akan menjalani imunisasi mandiri dalam program Vaksinasi Gotong Royong. Untuk itu, pengusaha perlu menyediakan dana sekitar Rp 1 juta untuk vaksinasi satu orang karyawan, mengingat vaksinasi Covid-19 dilakukan sebanyak dua kali penyuntikan.

Tidak memiliki anggota keluarga yang menjadi pasien COVID-19 atau sedang dalam perawatan COVID-19. Tidak memiliki penyakit kronis, seperti ISPA, jantung, autoimun, ginjal kronis, rematik autoimun, penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid atau hipotiroid, serta penyakit kanker. Kondisi itu artinya vaksin tengah bekerja untuk membangun sistem imun dalam tubuh.

Sesuai road map, prioritas vaksin akan diberikan ke tenaga kesehatan aparat yang bekerja di bidang pelayanan publik, dan penerima bantuan BPJS Kesehatan. JAKARTA — Pemerintah melalui PT Bio Farma mulai melakukan penjajakan pengadaan vaksin mandiri atau gotong royong. Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan akan berbeda dengan vaksin program pemerintah yang sedang berjalan, yakni vaksin Coronavac buatan Sinovac. Indonesibaik.id – Vaksin Gotong Royong adalah program vaksin COVID-19 free of charge yang diberikan perusahaan untuk karyawan dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *