Menu Close

Lansia Belum Masuk Program Vaksinasi Di Bandung, Ini Cara Daftarnya

Dengan demikian, vaksinasi ditargetkan dapat dilakukan terhadap hampir 1 juta orang dalam sehari oleh 30 ribu vaksinator. Pertama, vaksinasi secara mandiri ini dinilai akan mempercepat proses pemulihan kegiatan produksi di perusahaan. “Karena Vaksinasi mempercepat kembalinya aktivitas ekonomi secara penuh atau tidak dibatasi,” terangnya. Rosan bilang, vaksinasi mandiri ini juga terbuka untuk perusahaan yang tak tergabung dalam Kadin. Saat ini, Rosan tengah melakukan sosialisai terkait pelaksana vaksinasi mandiri ini, mulai dari jenis vaksin hingga tata cara vaksinasi mandiri.

Erick bilang, pihaknya berupaya mendapat 3,5 juta vaksin untuk vaksin mandiri atau gotong royong pada bulan Maret. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, program vaksin mandiri berbeda dengan vaksin free of charge. Dalam program vaksin mandiri, pengusaha melakukan pengadaan dan dibagikan gratis untuk karyawannya. Dengan rencana kedatangan vaksin pada Maret, Rosan berharap proses vaksinasi gotong royong dapat dimulai pada April seperti rencana awal. Tetapi, pihak penyelenggara masih menanti izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia .

Di tengah keterbatasan pasokan vaksin Covid-19, rencana pengadaan vaksin secara mandiri dikhawatirkan menghambat pelaksanaan vaksinasi program pemerintah. Kedua, Budi menyebut dalam memenuhi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pemerintah berupaya secepat mungkin dan semurah mungkin untuk menjaga keuangan negara. Sehingga negara bisa mendapatkan vaksin Covid-19 sesuai kebutuhan dan menjangkau luas untuk mencapai herd immunity sebesar 70 persen dari populasi atau sekitar 187 juta orang. Budi memaparkan, terdapat syarat yang harus dipenuhi para pengusaha jika ingin membantu pemerintah melakukan vaksinasi mandiri di lingkungan perusahaannya. Reuters melaporkan Kamis (25/2), rencana swasta tersebut didorong oleh para pelaku bisnis di Tanah Air sebagai cara bagi perusahaan untuk membeli vaksin dari pemerintah sehingga karyawan mereka dapat divaksinasi. Cara itu diyakini akan membantu menopang perekonomian negara yang terpukul akibat pandemi.

Pemerintah masih menunggu hasil penelitian dari organisasi kesehatan dunia terkait efek samping vaksin AstraZeneca. Dengan kondisi ini, pemerintah akan menggunakan seluruh vaksin AstraZeneca untuk dosis pertama. “Kriteria ketiga, obat memiliki mutu yang memenuhi standar yang berlaku serta dan Cara Pembuatan Obat yang Baik. “Secara internasional, kebijakan EUA ini selaras dengan panduan WHO, yang menyebutkan bahwa EUA dapat ditetapkan dengan beberapa kriteria. Pertama, telah ditetapkan keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat oleh Pemerintah.

Cara Vaksin Covid Mandiri

Dengan begitu, Erick masih menunggu penugasan dari Kementerian Kesehatan terkait pemberian vaksin mandiri. Sebab, Kementerian BUMN hanya akan menjalankan tugas yang diberikan dari pemerintah. Erick memastikan, vaksin mandiri tidak akan dijadikan prioritas oleh pemerintah. Selain itu, jika nantinya ada vaksin mandiri, jenis dan merek vaksinnya akan berbeda dengan yang free of charge. Dengan begitu, pemerintah mengajukan vaksinasi tahap pertama untuk para tenaga kerja medis, yang akan dilanjutkan kepada masyarakat.

Untuk tahap pertama, masyarakat bisa melakukan registrasi dan pre-order vaksin Covid-19. “Jadi untuk daerah-daerah yang teknologinya sangat masif, kita berharap sebagian besar orang pake app in dan web in. Kalau di daerah-daerah yang belum maju, kita pakai walk in,” ujar Soleh dalam webinar, Selasa (24/eleven/2020). Kebetulan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara diberi tugas untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 kategori mandiri. Bicara soal vaksin Covid-19, pemerintah ternyata punya patokan harga untuk itu. Setelah dilakukan vaksinasi, pemesan tidak bisa langsung meninggalkan tempat vaksin.

Berdasarkan evaluasi BPOM menunjukkan efikasi vaksin Sinovac mencapai sixty five,3 persen. Dia bilang, jika dikombinasikan maka akan ada 360 juta vaksin atau yang mencakup 70% penduduk Indonesia. Dengan angka tersebut, maka vaksinasi untuk 70% penduduk Indonesia bisa tercapai pada Februari tahun depan. “Untuk vaksin gotong royong kita sedang mengupayakan mudah-mudahan bisa berhasil yaitu 20 juta ampul jadi kurang lebih untuk 10 juta,” katanya. “Harapan kami izin penggunaan segera keluar dan fatwa halal dari MUI segera terbit sehingga April vaksinasi bisa dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *