Menu Close

Ketenagakerjaan Terkait Pandemi Covid

Izinkan kami kembali bercanda dan bergandengan tangan untuk membangun desa dan negeri tercinta, Indonesia. Kebiasaan berdiskusi jika menghadapi suatu masalah pun mulai dikurangi. Bercanda atau bergerombol sesama teman di kantor pun tidak lagi dilakukan. Pada hari-hari biasa makan siang bersama-sama sering kami lakukan untuk menjaga keakraban. Stres kerja tidak baik jika dibiarkan karena dapat menurunkan semangat kerja karyawan .

Berolahragalah dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan selama pandemi. Chris Mattey dari Boston Consulting Group mengatakan karena pandemi COVID-19, pekerja sekarang mempertimbangkan cara kerja mereka selama ini. Namun mereka hanya mau bekerja dua tiga hari di kantor, sisanya bekerja dari rumah. Demikian kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19. Tetapi ketika karyawan bekerja di rumah, tidak semua perusahaan akan menanggung beban web apalagi listrik.

Dirinya menambahkan, pekerja milenial saat ini berbeda dengan pekerja zaman dulu yang cenderung loyal terhadap pekerjaan yang monoton. Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan Badan Pengurus Pusar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sari Pramono menilai, ditengah lapangan kerja yang terbatas generasi milenial masih sering mudah bosan dan ingin cepat berpindah perusahaan. Masih ada harapan untuk menjumpai orang tua dan sanak saudara yang jauh di kampung halaman.

Bekerja dalam masa Covid

yang terakhir adalah tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Semua biaya operasional bekerja otomatis pindah semuanya saat kerja dari rumah. Mulai dari listrik, web dan makanan yang sebelumnya menjadi tanggung jawab dari kantor. Kelebihan dari penerapan work from home yang pertama adalah biaya operasional kantor menjadi menurun, tidak perlu menyediakan komputer, tempat kerja, web, listrik dan makan siang untuk pekerja. Tidak dipungkiri bagi mereka yang menjalani seluruh kegiatan di rumah terutama dalam jangka waktu yang lama tentu akan timbul rasa bosan. Hal tersebut memang wajar karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi langsung dengan sesamanya.

Waktu luang yang kamu miliki dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga di rumah, menonton film atau membaca buku. Sehingga, kamu akan belajar menyeimbangkan urusan kerja, pribadi dan keluarga. Bekerja dari Rumah juga akan memberikan keuntungan bagi mereka yang sudah menikah dan memiliki anak. Selain lebih irit, makan di rumah juga tentunya lebih sehat dan mengenyangkan. Manfaatkan bahan makanan yang tersedia di rumah untuk dimasak sebagai menu sarapan dan makan siang.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekasmu secara on-line. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak kamu gunakan lagi. Agar semakin banyak klien yang tertarik menggunakan jasamu, pastikan kamu memiliki banyak portofolio desain terbaik. Jasa desain grafis banyak dicari oleh perusahaan untuk pembuatan kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Kamu bisa mencari pekerjaan penerjemah melalui berbagai situs on-line. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *