Menu Close

Kenali, 6 Cara Kerja Vaksin Sinovac Lawan Virus Corona

Mereka dapat terlindungi dari infeksi patogen ketika hidup di tengah mereka yang telah divaksin karena patogen kesulitan untuk menyebar. Semakin banyak orang yang divaksin, semakin kecil risiko penyebaran suatu penyakit karena patogen. Sekali vaksin masuk dalam tubuh, umumnya tubuh mampu menghasilkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dalam jangka waktu beberapa tahun, puluhan tahun, bahkan seumur hidup. Untuk menciptakan antibodi yang dapat bertahan lama dan membentuk sel memori, beberapa vaksin membutuhkan beberapa dosis. Bila kekentalannya terganggu menyebabkan silia tidak bekerja dengan normal dan virus masuk dengan mudah. Kelebihan imunitas bawaan adalah bisa dilatih dan merupakan metode yang sedang dikembangkan untuk melawan COVID-19.

Saat seseorang divaksinasi, orang tersebut sangat mungkin terlindungi dari penyakit yang disasar. Orang-orang dengan kondisi kesehatan penyerta yang memperlemah sistem imun mereka atau yang memiliki alergi parah terhadap beberapa komponen vaksin mungkin tidak bisa divaksinasi dengan vaksin-vaksin tertentu. Orang-orang ini masih dapat dilindungi jika mereka tinggal di tengah orang-orang yang divaksinasi. Saat banyak orang di dalam masyarakat divaksinasi, patogen akan sulit menyebar karena sebagian besar yang dijangkitinya sudah kebal. Jadi, semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil risiko orang yang tidak bisa dilindungi oleh vaksin terpapar patogen-patogen merugikan.

Kekebalan baru terbentuk hari setelah suntikannya lengkap, di mana terkait vaksin COVID-19 membutuhkan dua dosis. Menurut mereka, bergantung pada vaksinnya, perlu waktu empat hingga enam minggu sejak pemberian dosis awal untuk mencapai tingkat kekebalan dan perlindungan yang sebanding seperti dalam uji klinis. Vaksin yang berasal dari salah satu bagian virus merupakan cara paling aman karena tidak menggunakan seluruh bagian virus.

Cara kerja vaksin covid

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat pada lamannya menyatakan vaksin akan membantu tubuh membentuk kekebalan terhadap virus corona yang menyebabkan Covid-19. Setelah itu, vaksinasi pada gelombang kedua akan diberikan kepada masyarakat kelompok usia produktif, yakni PRAGMATIC SLOT rentang usia tahun. Baru setelah itu program dilanjutkan di gelombang selanjutnya, dimana vaksinasi menyasar kelompok usia lanjut atau 60 tahun ke atas. Vaksin yang dibuat dari virus yang dilemahkan akan membantu tubuh mengenali virus asli dan melatih sistem imun untuk melawannya.

Pada dasarnya beberapa vaksin memiliki cara kerja yang sama ketika berada di dalam tubuh. Sebenarnya pada umumnya vaksin bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh agar dapat mengenali dan melawan patogen, baik virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dalam proses tersebut harus memasukkan suatu molekul tertentu dari patogen ke dalam tubuh yang bertujuan untuk memicu respon sistem imun pada tubuh manusia. Selain bertujuan untuk melindungi diri sendiri, vaksinasi juga dapat melindungi komunitas dan membentuk kekebalan kelompok. Beberapa orang dengan kondisi kesehatan yang buruk serta sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya karena HIV, atau karena alergi, tidak dapat divaksin.

Solopos.com, SOLO — Serangan bom bunuh diri yang dilakukan dua wanita mendera dua stasiun metro berbeda di Moskow, Rusia pada 29 Maret 2010. Akibat serangan tersebut, forty orang tewas dan sekitar 100 orang lainnya luka-luka. Solopos.com, VANCOUVER — Insiden penikaman menewaskan satu wanita dan enam orang di pinggiran Vancourver.

Setelah itu, peneliti menarik virus yang tidak aktif dan mencampurkannya dengan sejumlah senyawa berbasis aluminium yang disebut adjuvan. Adjuvan akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan responsnya terhadap vaksin. Tubuh orang-orang yang kurang dapat mengembangkan anti bodi biasanya memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, asma berat, penyakit ginjal atau jantung kronis. Namun kebijakan tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum diterapkan secara nasional. Vaksin virus corona dari Tiongkok disebut-sebut ampuh menangkal Covid-19 setelah masuk ke dalam tubuh. Adalah Sinovac Biotek, perusahaan farmasi yang disebut-sebut sukses melakukan serangkaian penelitian hingga uji coba vaksin Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *