Menu Close

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Masyarakat dapat mengajukan permohonan ataupun laporan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Kementrian Terkait, jika tidak dikabulkan dapat mengajukan gugatan perdata perbuatan melawan hukum kepada pemerintah sesuai dengan kitab hukum acara perdata. Masyarakat dilibatkan secara aktif, sebagaimana Pasal 6 Ayat UU Nomor four Tahun 1984 yang menyebutkan bahwa upaya penanggulangan wabah dilakukan dengan mengikutsertakan masyarakat secara aktif. Cek suhu badan keluarga dan juga ART Anda, bila mengalami gejala minta mereka periksakan diri ke dokter, dan tetap berada di rumahnya hingga sembuh.

Penilaian risiko ini dilakukan berdasarkan potensi terpapar dari lingkungan umum selama perjalanan, rekan kerja dan hubungan dengan pelanggan serta potensi terpapar dengan riwayat perjalanan dari dan ke daerah terinfeksi penyakit COVID-19. Adapun pengelompokkan pekerja berisiko adalah sebagai berikut ;Risiko pajanan rendah – pekerjaan yang aktifitas kerjanya tidak sering berhubungan/kontak dengan publik dan rekan kerja lainnya. Panduan ini bisa dijadikan acuan bagi pengelola/pengurus tempat kerja di instansi pemerintahan, perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara , Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Nah, ketika bekerja dari rumah mungkin kita akan menemukan hal berbeda sehingga perlu dan penting untuk menata ulang space kerja di rumah. Menyediakan area dengan penerangan cukup, minim gangguan, meja dan kursi yang nyaman menjadi satu paket yang esensial selama kerja di rumah.

Bekerja dalam masa Covid

Pemerintah dari berbagai lini terus mengupayakan dengan serius dalam menangani wabah, mulai dari membuat himbauan tegas terkait protokol kesehatan diberbagai sektor hingga upaya-upaya untuk tetap menstabilkan perekonomian masyarakat Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, dengan adanya kondisi seperti ini banyak sekali masyarakat yang terdampak ekonominya. Salah satu kibijakan yang dibuat oleh Pemerintah adalah membuka period “Normal Baru” atau yang juga disebut dengan “New Normal”. Dimana secara perlahan dan bertahap, masyarakat dapat melakukan aktifitasnya namun harus mematuhi protokol kesehatan. Sehingga, harapannya, masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan COVID-19. Rinciannya, yaitu untuk tenaga kesehatan, vaksinasi dosis 1 telah dilakukan kepada 123.199 orang (109.7%) dan vaksinasi dosis 2 mencakup 102.692 orang (ninety one.4%), dengan goal vaksinasi sebanyak 112.301 orang.

Sejak saat itu,Work from Homealias WFH menjadi sebuah tantangan baru. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Minggu (14/6/2020) mengeluarkan surat edaran. Surat edaran bernomor 8 Tahun 2020 itu berisi tentang pengaturan jam kerja pada era adaptasi kebiasaan hidup menuju masyarakat yang produktif dan aman dari virus corona di wilayah Jabodetabek. Lantaran tetap bekerja di tengah wabah virus corona, administration kantor pun telah menyiapkan beberapa protokoler pencegahan virus corona. Mulai dari adanya pengecakan suhu, bilik disenfektan, menjaga jarak antar pegawai satu dengan lainnya, hingga hand sanitizer di beberapa tempat.

Kita juga sangat terbiasa bahwa tim kita bekerja ke konsumen langsung dari rumah, setelah melakukan koordinasi. Hal ini berbeda dengan sebelumnya dimana selama ini mereka berkumpul dulu di kantor. Pengembang real estat JBG Smith sedang membangun kantor pusat Amazon yang disebut HQ2 di kawasan Northern Virginia. Pengembang itu baru-baru ini mempresentasikan rencananya mengenai bagaimana para karyawan AS kembali bekerja di kantor dengan aman. Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, daya tahan tubuh perlu dijaga dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Konsumsilah makanan sehat dan buah-buahan yang tinggi akan vitamin C seperti jeruk dan jambu.

Memiliki tanggungjawab membangun optimisme dan berkontribusi mengedukasi masyarakat di tengah disrupsi teknologi informasi. Dirinya juga menilai perlunya perhatian dari pemerintah terhadap pelaku media atau perusahaan media pers. Wartawan dituntut harus tetap bekerja profesional sesuai fungsi dan perannya di tengah masyarakat dan pemerintahan. Mampu menjaga kemerdekaan pers indonesia yang merupakan bagian dari demokrasi, keadilan dan supremasi hukum.

Jangan ragu untuk berdiskusi ketika menemui suatu masalah dalam pekerjaan. Bagaimanapun juga, komunikasi merupakan salah satu hal terpenting agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan pekerjaan. Nah, berikut kami rangkum 7 ideas agar tetap produktif ketika bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona.

Semoga saran ini dapat dilaksanakan guna menciptakan perasaan positif di tempat kerja dan mengoptimalkan performa kerja. Menurut Crosbie & Moore , bekerja dari rumah berarti pekerjaan berbayar yang dilakukan terutama dari rumah . Bekerja dari rumah akan memberikan waktu yang fleksibel bagi pekerja untuk memberikan keseimbangan hidup bagi karyawan. Asisten rumah tangga harian , termasuk baby sitter sebagai pekerja sektor casual juga terkena imbas pandemik akibat virus covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *