Menu Close

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku tentang Repatriasi Pekerja Migran indonesia , Warga Negara Indonesia dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan dengan alasan khusus oleh Pemerintah. Surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like sickness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/ Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR Test/ Rapid Test. Surat keterangan bebas gejala seperti influenza bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas RT-PCR maupun Rapid Test. Lion Air , Wings Air , Batik Air member of Lion Air Group menyampaikan informasi sehubungan dengan persiapan mengenai persyaratan calon penumpang. “Tetaplah memakai masker, rajin mencuci tangan, tetap jaga jarak, dan menghindari kerumunan.” Tetap di kota, jangan mudik, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker, tetap sehat, saling membantu.

Kita harus terbiasa dengan penerapan protokol kesehatan dimana saja. Semua ini demi kesehatan dan kebaikan bersima, agar kita juga dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Sehingga kita bisa dengan tenang, saat kembali kerumah tanpa membawa virus untuk keluarga dirumah. Menyikapi hal tersebut, dari sektor pendidikan juga memaksimalkan bahwa proses pembelajaran harus tetap berjalan. Meski sampai saat ini pembelajaran bersama siswa/mahasiswa masih harus dilakukan secara daring atau on-line game slot online, namun beberapa instansi pendidikan mulai menetapkan para guru/dosen/tenaga pendidik dan karyawan lainnya untuk masuk kerja.

Kebijakan ini perlu dipastikan realisasi dan dipantau agar tepat sasaran. Realisasikan dan pantau implementasi paket insentif bagi pengusaha dan pekerja untuk bertahan. NamunUndang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaansudah menegaskan bahwa PHK seharusnya menjadi langkah terakhir yang ditempuh. Sebelum melakukan PHK, UU Ketenagakerjaan mengatur bagaimana pengusaha, buruh, serikat buruh, dan pemerintah harus bekerja sama agar tidak terjadi PHK. yang produktif, diperlukan komunikasi dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak, khususnya atasan dan bawahan, agar dapat meminimalisir faktor-faktor kendala yang mungkin terjadi. Memastikan pekerja dapat menggunakan perangkat/aplikasi untuk melakukan koordinasi jarak jauh dengan berbagai macam aplikasi yang telah tersedia.

Sebagai kesimpulan, do business from home bisa dilakukan dengan efektif apabila baik perusahaan maupun karyawan sama-sama menjalaninya dengan bertanggung jawab. Kedua belah pihak harus lebih paham mengenai kondisi yang terjadi, sambil sebisa mungkin memberikan performa terbaik, meski sedang bekerja di tempat yang berbeda-beda. Supaya lebih jelas, mari ikuti panduan di artikel ini agar tetap bisa terhindari dari risiko penyebaran virus corona. Apabila karyawan tetap harus bekerja, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan outlet dan kesehatan masing-masing. Apabila tidak ada sabun cuci di dekat Anda, gunakanlah hand sanitizer.

Kewajiban untuk tetap pergi bekerja di tengah pandemi ini meningkatkan kecemasan dan stres yang dirasakan karyawan. Akan tetapi ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan karyawan untuk mengurangi hal-hal tersebut. Penelitian kualitatif ini dilakukan terhadap para pekerja white collar yang sebelumnya bekerja secara normal di kantor konvensional yang karena kebijakan BDR harus bekerja dari rumah. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode photovoice, yaitu sebuah pendekatan yang melibatkan fotografi dan kegiatan partisipatori. Penelitian kualitatif ini telah mampu menjawab pertanyaan penelitian tentang bagaimana penyesuaian yang dilakukan para pekerja terhadap setting ruang di dalam rumah untuk mengakomodasi kebutuhan do business from home. Dalam situasi pandemi di awal penerapan WFH, para pekerja cenderung menciptakan ruang– ruang majemuk dengan mengintegrasikan beragam fungsi dalam satu ruang.

Bekerja dalam masa Covid

Pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah berlaku sampai dengan 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut. ASN yang bekerja di rumah tetap diberikan tunjangan kinerja oleh Pemerintah. ASN yang bekerja di rumah harus berada di rumah/tempat tinggal masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak . Memastikan pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintah dapat tetap berjalan efektif.

Pekerjaan ini juga bisa kamu lakukan sebagai sampingan selama kamu bekerja dari rumah. Dicky juga mengingatkan pengusaha untuk tetap membuat aturan kerja baru meski protokol kesehatan dari Kemenkes tetap berlaku nantinya. Aturan yang perlu dibuat misalnya, deteksi suhu tubuh pekerja sebelum memasuki kantor, mewajibkan penggunaan masker, jaga jarak, atau mengatur jumlah karyawan dalam satu ruangan. Sesuatu hal yang wajar terjadi tetapi harus bisa diupayakan agar pelayanan kepada masyarakat tidak ditutup whole. Banyak keluhan warga yang kami terima setiap hari menunjukan betapa belum optimalnya kebijakan bekerja dari rumah.

Sedangkan mereka di sektor casual yang harus kehilangan pekerjaan berjumlah 538.385 pekerja dari 31.444 perusahaan atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah . Mereka kena PHK atau dirumahkan sejak kebijakan Work From Home maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar berlaku. Per 20 April 2020, terinci 2.084.593 pekerja dari sektor formal dan casual terkena imbas pandemi corona. Saat pandemi, penggunaan masker merupakan salah satu kunci penting untuk mencegah penularan COVID-19. Gunakan masker selama perjalanan berangkat, bekerja di kantor, hingga kembali lagi ke rumah. Memberikan perhatian yang lebih kepada karyawan sangat dibutuhkan dari pada mengkhawatirkan suatu hal kesalahan yang tidak bisa diprediksi.

Sebanyak 18% responden mengatakan bahwa tidak ada jenis eksploitasi yang dialami oleh Pekerja Anak. Jenis eksploitasi anak yang sering dialami oleh Pekerja Anak selain eksploitasi seksuald dan eksploitasi ekonomi adalah korban TPPO. Anak-anak terpaksa harus bekerja memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarga, yang seharusnya mereka mengenyam pendidikan, bahkan ada yang harus putus sekolah, karena sudah lelah dan merasa lebih nyaman bekerja. Sedangkan “strategi berbasis tes” tidak lagi direkomendasikan oleh CDC .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *