Menu Close

Kelompok Masyarakat Yang Tidak Bisa Diberikan Vaksin Covid

Independen — Upaya pemerintah RI untuk terus menangani pandemi Covid-19 tak berhenti. Target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi dicanangkan selesai dalam satu tahun. Menurut Rosan, apapub mekanisme yang akan ditempuh untuk mendapatkan vaksin mandiri, Kadin tetap akan mengacu pada peraturan pemerintah. Setelah dipastikan dalam kondisi yang sehat, lansia akan datang ke fasilitas kesehatan dan melakukan daftar ulang. “Sehari artinya hampir satu juta. Ini angka yang besar sekali. Negara lain enggak punya puskesmas, kita memiliki. Yang tiap tahun vaksinasi imunisasi pada anak-anak kita. Vaksin Covid-19 juga jangan sampai terlambat,” tandas Jokowi. Data sasaran beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi person faskes atau aplikasi lain yang ditentukan selanjutnya oleh pemerintah.

Kita membantu agar rakyat bisa mendapat vaksin lebih cepat dengan menggunakan jalur-jalur swasta. Ia mengatakan, pihak pengusaha sudah mencoba untuk langsung menghubungi pihak produsen vaksin di luar negeri. Namun, untuk masalah vaksin, pihak produsen meminta para pengusaha tetap berkordinasi dengan pemerintah. “Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Sedangkan 75 juta penduduk usia produktif di Indonesia harus merogoh kantong sendiri untuk membeli vaksin tersebut. Loket.com saat ini sudah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan menjadi official sistem penjadwalan untuk kamu yang ingin mendapatkan vaksin ataupun justru ingin mendaftarkan diri sebagai mitra vaksinasi mandiri. Selain vaksin untuk membantu kamu bertahan dari virus Corona, jangan lupa tetap lakukan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Bagi yang sudah divaksinasi, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M dengan disiplin sampai kita benar-benar mencapai kekebalan kelompok dan terbebas dari pandemi,” tutup Menkes. Ketua Umum IBI Haryanto T Budiman mengatakan, vaksinasi merupakan program mulia pemerintah dalam melindungi keselamatan warganya. Vaksin oral ini nantinya memungkinkan orang untuk melakukan vaksinasi mandiri di rumah. Menurut CEO Oramed, Nadav Kidron, vaksin bahkan bisa dikirim dalam lemari es biasa dan disimpan di suhu kamar. Kartika menambahkan, program peduli terhadap lansia didasari pada keyakinan bahwa kelompok masyarakat berusia lanjut merupakan pihak paling rentan dari penyebaran virus COVID 19.

Keenam, vaksin mandiri tidak menghilangkan hak warga untuk mendapatkan vaksin free of charge. Pemerintah harus memastikan bahwa setiap warga tidak kehilangan hak untuk mendapatkan vaksinasi gratis. “Semua satu data supaya bisa observe mana warga yang sudah divaksinasi dan mana yang belum,” ujar Menkes. Pelaksanaan vaksin Covid-19 akan dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari pemerintah bahwa rumah sakit swasta diizinkan untuk melakukan vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *