Menu Close

Kajian Agama Islam Bersama Ustadz Maulana

WInnetnews.com -Dalam kehidupan ini semua orang pasti menginginkan untuk mendapat kekayaan dan kesuksesan untuk dapat terus melanjutkan kehidupan yang lebih baik. Dalam ajaran agama islam juga mengejarkan umatnya untuk menjadi kaya. Sedekah materi atau uang bisa meringankan beban ekonomi orang lain. Sementara sedekah tenaga atau jasa bisa bantu meringankan masalah yang dihadapi orang lain.

Namun perlu digarisbawahi, jika kamu tipe orang yang menghindari risiko, jalur ini mungkin bukan didesain untukmu. Teratur dalam suatu urusan termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al-Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Ketika suatu urusan ditangani secara bersama-sama, maka diharuskan bekerjasama dengan baik sehingga Allah menjadi cinta kepadanya. Hasan Al Banna merumuskan 10 karakteristik muslim yang dibentuk didalam madrasah tarbawi.

Cara agar kaya dunia akhirat

Selain untuk didonasikan, Musk sepertinya menimbun kekayaannya untuk mengembangkan proyek pribadinya. Pria berusia 49 tahun ini diketahui terobsesi untuk menjelajahi dan membangun koloni manusia di Mars. Anda itu sudah kaya, meski belum sebanyak yang Anda harapkan. Bahkan jika hanya memiliki satu baju di badan dan makan hanya untuk hari ini, syukurilah. Jangan kufuri nikmat, alih-alih mendatangkan nikmat, malah mendatangkan siksa yang pedih.Selalulah bersyukur. Untuk menjadi kaya raya, seseorang juga perlu memiliki rencana keuangan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Orang yang kokoh akidahnya akan menolak pedoman yang sifatnya terlalu keduniaan,” ujar mahasiswa pascasarjana Al Azhar ini. Tentu akan melanjutkan aktivitas berdagangnya hingga lupa dengan shalatnya. “Saat itu, KH Ahmad Dahlan tidak hanya berdakwah pada warga Muhammadiyah tetapi juga orang-orang di luar Muhammadiyah sehingga mereka benar-benar merasakan kiprah dakwah Muhammadiyah,” ungkapnya. Dia menyampaikan, identitas dakwah seperti dicontohkan KH Ahmad Dahlan yang dapat merangkul banyak pihak dan memberikan manfaat bagi banyak orang harus dijaga dan dipelihara.

Ketiga, marah yang melewati batas adalah mendominasinya sifat marah hingga mengalahkan kendali akal, agama dan ketaatan. Jenis marah seperti inilah yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya. Menurut Syekh Muhammad al-Imam hafidzhahullah yang dikutip dari buku Ajaibnya Taubat Nasuha Untuk Kesehatan dan Kecantikan, bahwa sesungguhnya dosa lebih berbahaya daripada sebuah rudal dan tank. Kebanyakan dari manusia melakukan perbuatan dosa, namun mereka masih saja tertawa terbahak-bahak tanpa adanya perasaan bersalah. Setiap mukmin yang melakukan kesalahan pasti tidak aman dari hukuman .

Termasuk dalam pengertian uang adalah surat-surat berharga. Wakaf uang (Cash Wakaf/ Waqf al-Nuqud) merupakan wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai . Wakaf uang hukumnyajawaz Wakaf uang hanya boleh disalurkan dan digunakan untuk hal-hal yang dibolehkan secara Syari.

Allah mengingatkan kita agar kita tidak hidup bermewah-mewah. Dalam surat At Takatsur ayat 1 dan 2 sangat jelas dinyatakan agar umat Islam jangan hidup bergelimang kemewahan. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Peringatan ini melarang kaum muslimin untuk hidup dalam kemewahan. Demikianlah enam kunci agar selalu beruntung di dunia dan akhirat.

Jika ini terjadi, Allah akan menyelimuti umat Islam dengan kehinaan. Ketika mayoritas umat Islam membangga-banggakan hewan ternak, mengandalkan dan bergantung padanya atau pada harta, pada saat itulah kehinaan akan menyelimuti umat Islam. Hati mereka terpaut pada harta; demikian sibuk mencari harta hingga meninggalkan ibadah. Demikian sibuk mengumpulkan harta hingga menjauh dari Allah. Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *