Menu Close

Ini Langkah Pendaftaran Vaksinasi Covid

Pemerintah menargetkan vaksinasi tahap kedua ini kelar pada Mei 2021. BALIKPAPAN – Vaksinasi bagi warga lanjut usia dilaksanakan mulai Minggu (7/3/21) di Balikpapan Sport and Convention Center Dome. Untuk tahap pertama vaksinasi bagi warga kelompok lansia ini menyasar 400 orang. Jakarta, Beritasatu.com – Masyarakat lanjut usia , menjadi penerima vaksinasi Covid-19 prioritas tahap II. Saat ini Kementerian Kesehatan telah membuka pendaftaran, maka masyarakat Lansia harus memperhatikan langkah-langkah untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin Covid-19.

Nadia mengatakan bahwa pihaknya menjamin bahwa pelaksanaan vaksin di fasilitas kesehatan maupun vaksinasi masal yang taat protokol kesehatan. Kemudian institusi atau organisasi tersebut bekerja sama dengan Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota lalu menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi massal. Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, sosialisasi dilakukan meliputi mekanisme pendaftaran hingga teknis pelaksanaan vaksinasi. Setelah mendaftar, kata Avy, undangan vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp ke nomor telepon seluler yang didaftarkan.

Vaksinasi bagi Lansia

Layanan vaksinasi drive via ini sudah dimulai Rabu (3/three) dan berlanjut sampai akhir tahun 2021. Kementerian Kesehatan menyiapkan surat edaran yang akan membuat lansia bisa divaksinasi di fasilitas kesehatan dekat tempat tinggal. Menurut dia, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person perwakilan dari vocal level dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut.

Secara nasional terdapat sekitar eleven.600 nakes dengan usia di atas 60 tahun. Tingginya risiko yang dihadapai membuat nakes di atas 60 tahun akan mendapat prioritas vaksinasi. “Program Vaksinasi dengan pro aktif datang ke lokasi panti wredha wujud aktif TelkoMedika bersama DocLink untuk mendukung program preventif. Sehingga dapat membantu mewujudkan masyarakat yang sehat,” tegas Dirut TelkoMedika, Dudy Effendi. Bekerja sama dengan DocLink Indonesia dan TelkoMedika, Pemkot Bogor sambangi Panti Wredha Salam Sejahtera, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, untuk melakukan vaksinasi terhadap 230 lansia di panti tersebut. “Sebab, beberapa lansia yang awalnya percaya dengan hoaks sudah merasakan langsung dampak melakukan vaksinasi COVID-19, yang tentu tidak menimbulkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi seperti yang dikhawatirkannya dahulu,” kata Ratih.

Mulai dari personel TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan pekerja pelayan publik lainnya. Tahap 3 dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022 Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap three adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. “Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive thru ini gratis dan tidak dipungut biaya,” lanjut Wiku.

Jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam 37,5 derajat celcius ke atas, penundaan dilakukan sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19. Selain itu, dilakukan screening ulang pada saat kunjungan berikutnya. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. “Ada tambahan pertanyaan untuk menilai apakah usia lebih dari 60 tahun dapat menerima vaksin,” ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021). “Bagi lansia yang sudah dan tidak dapat divaksinasi diharapkan para lansia tetap teredukasi dan mengerti nutrisi harian tepat untuk mereka,” kata Boy Sinaga.

Selain dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan layanan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan dan didukung Entrasol. Untuk 2 lansia + 1 Non-lansia datang ke lokasi menggunakan 1 mobil ya. Jika kamu mengantar orangtua atau kakek dan nenek kamu, maka kamu bisa mendapatkan vaksin Covid-19 juga.

Rusmin menyebutkan, kurangnya informasi dan banyaknya berita hoax menjadi alasan para lansia menolak untuk melakukan vaksin. Dan dengan sistem jemput bola ini, dirinya menargetkan 150 lansia melakukan vaksinasi . “Karena masih banyaknya para lansia belum memahami vaksinasi. Karena itu, kami melakukan jemput bola ,” ujar Rusmin seperti dikutip RRI.co.id di Jakarta, Selasa (30/3/2021). Golongan selain lansia memiliki rentang waktu 14 hari atau dua minggu.

“Namun kami belum memetakan apakah seluruh lansia yang sudah mendaftar tersebut berdomisili di Kota Yogyakarta atau di luar kota,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Sabtu (20/3). “Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya Tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawasurat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *