Menu Close

Ini Cara Kerja Vaksin Covid

Namun memang banyak vaksin potensial yang sedang dikembangkan terkait keamanan dan efektivitasnya.

Jenis sel kekebalan lain, sel B juga dapat menghadapi virus corona yang tidak aktif. Jika uji coba berhasil, Sinovac berencana untuk memproduksi setidaknya 300 juta dosis setahun di pabriknya sendiri sambil meminta produsen lain untuk produksi lebih lanjut. Untuk menghasilkan virus yang tidak aktif, Sinovac memperoleh sampel patogen Covid-19 dari pasien di seluruh dunia dan membiarkannya berkembang biak dalam sel vero, yang berasal dari ginjal monyet. Sebelum memurnikannya menjadi produk yang cocok untuk vaksin – mereka melakukan uji coba pertama pada tikus, dan primata, dan kemudian pada manusia dalam studi awal.

Cara kerja vaksin covid

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa vaksin mRNA dapat merusak DNA manusia, tetapi hal tersebut tidak terbukti benar. Vaksin ini harus disimpan pada suhu yang sangat dingin, yaitu -70° Celsius atau lebih rendah, sehingga memerlukan wadah pendingin khusus. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi negara-negara yang tidak memiliki peralatan tersebut, terutama negara-negara berkembang. Vaksin mRNA tidak memicu terjadinya infeksi karena tidak mengandung virus atau bakteri. Vaksin jenis ini mudah dibuat karena dapat dikembangkan di laboratorium menggunakan bahan yang sudah tersedia. Jika kamu telah melakukan suntikan kedua, lebih baik tanyakan ke tenaga kesehatan.

Sebenarnya,cara vaksin COVID-19 tak berbeda jauh pada vaksin pada umumnya. Vaksin sendiri merupakan suatu bahan atau produk yang digunakan untuk menghasilkan sistem imun dari berbagai penyakit. Indonesiabaik.id- Sejak merebaknya virus corona penyebab pandemi COVID-19, tak sedikit pihak yang tertuju pada vaksin. Vaksin sangat penting untuk memerangi penyakit bagi individu maupun komunitas. Virus yang sudah mati itu tidak akan menyebabkan Covid-19 meski disuntikkan dalam tubuh.

Vaksin ini merupakan vaksin jenis baru yang kandungannya berbeda dengan jenis vaksin lainnya. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengonfirmasi bahwa program vaksinasi nasional masih menggunakan vaksin dari Sinovac. Untuk mendapatkan AstraZeneca, masyarakat harus medapatkan dua suntikan. Biasanya, penerima vaksin akan mendapatkan suntikan di lengan, memasukkan vaksin ke dalam ototo. Proses pembuatannya, mengambil virus yang biasanya mengninfeksi simpanse. Selain ketiga cara utama di atas, ada beberapa metode baru yang digunakan beberapa perusahaan dalam ‘perlombaan’ membuat vaksin demi melawan Covid-19 ini.

Ia mengklaim bahwa vaksin tersebut tidak berpotensi membahayakan kesehatan seseorang. Vaksin dapat dilakukan dengan mengaktivasi reaksi sistem imun adaptif yang memakan waktu lama. Namun dengan latihan reaksi imun, waktu yang dibutuhkan menjadi singkat atau bisa juga dilakukan terapi seperti memblok badai sitokin yang terjadi dalam jumlah yang berlebihan. Bandung – Belakangan ini, pembuatan vaksin untuk COVID-19 sedang banyak dilakukan oleh para peneliti atau ilmuan di seluruh dunia. Marselina I. Tan, Dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB membahas tentang pengembangan vaksin tersebut pada Webinar SITH Virtual Public Lecture #5 yang diselenggarakan Kamis, 25 Juni 2020. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan Bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Sebagian vaksin memerlukan beberapa dosis yang diberikan dengan jarak mingguan atau bulanan. Terkadang waktu ini diperlukan untuk memungkinkan produksi antibodi yang bertahan lama dan perkembangan sel pengingat. Dengan demikian, tubuh dilatih untuk melawan organisme yang menyebabkan penyakit itu, sambil mengingat patogen tersebut untuk segera melawannya jika dan saat terpapar lagi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *