Menu Close

Informasi Vaksinasi Covid

Siti Nadia mengungkapkan target vaksin covid-19 untuk masyarakat lanjut usia sekitar 21,5 juta dosis. Jakarta, Beritasatu.com – Masyarakat lanjut usia , menjadi penerima vaksinasi Covid-19 prioritas tahap II. Saat ini Kementerian Kesehatan telah membuka pendaftaran, maka masyarakat Lansia harus memperhatikan langkah-langkah untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin Covid-19. Sudinkes Pemkot Jakarta Utara sudah mulai melakukan program vaksinasi untuk lanjut usia .

Lansia yang berumur 60 tahun dan diatas 60 tahun dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan. Rosye menyebutkan, bagi lansia di Kota Bandung dapat mendaftarkan diri melalui link Bandung.kemkes.go.id. Data yang harus dilengkapi diantaranya nomor induk kependudukan , nama, jenis kelamin, memilih fasilitas kesehatan untuk tempat vaksinasi, umur, tanggal lahir, alamat, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Sama seperti tahap sebelumnya, sistem vaksinasi untuk lansia dilakukan dengan sistem backside up. Bagi lansia yang sudah menerima vaksin harus kembali ke RSUD Kembangan 18 hari setelahnya untuk mendapatkan vaksinasi yang kedua.

Di kedua web site tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa – Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Sementara itu, China dengan murah hati menawarkan vaksin ke negara-negara yang membutuhkan.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa berusia di atas 60 tahun, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih mungkin mengalami infeksi virus Korona yang lebih parah. Kendati demikian, proses vaksinasi covid-19 untuk lansia tetap bakal dilakukan secara bertahap. “Penyuntikan vaksin untuk lansia ini kami lakukan selana 28 hari kedepan. Jadi akan kami running terus prosesnya,” ujarnya.

Vaksin bagi lansia

Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per a hundred orang (posisi 4/three/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Untuk diketahui, terkait izin penggunaan darurat vaksin bagi lansia, BPOM juga telah mengeluarkan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para nakes dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi. Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, “Pertama melalui website, di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi.

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait vaksin COVID-19 untuk lansia, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi ALODOKTER. Selain through SMS, kini lansia juga bisa mendaftar lewat reserving “Cari Dokter” di website maupun aplikasi ALODOKTER untuk mendapatkan vaksin free of charge dengan layanan drive through. Jika sudah terdaftar, Anda tinggal datang di hari, waktu, dan tempat yang didapatkan untuk vaksinasi. Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *