Menu Close

Ideas Bekerja Di Kantor Selama Pandemi Covid

Namun, penggunaan masker yang direkomendasikan adalah masker non-medis, seperti masker kain. Masker kain, meski tak seefektif masker medis, dianggap sebagai langkah pencegahan daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Alasan rekomendasi ini karena perkembangan terbaru menunjukkan, penularan virus corona bisa terjadi dari orang tanpa gejala . Oleh karena itu, penggunaan masker merupakan langkah perlindungan diri sendiri dan orang lain. Rekomendasi penggunaan masker kain juga memiliki alasan tersendiri, yaitu agar stok masker medis bisa digunakan semaksimal mungkin bagi para pekerja medis yang lebih membutuhkan.

Bekerja dalam masa Covid

Memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku tentang Repatriasi Pekerja Migran indonesia , Warga Negara Indonesia dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan dengan alasan khusus oleh Pemerintah. Surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/ Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR Test/ Rapid Test. Surat keterangan bebas gejala seperti influenza bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas RT-PCR maupun Rapid Test. Lion Air , Wings Air , Batik Air member of Lion Air Group menyampaikan informasi sehubungan dengan persiapan mengenai persyaratan calon penumpang. “Tetaplah memakai masker, rajin mencuci tangan, tetap jaga jarak, dan menghindari kerumunan.”

Angka ini tentu bukan angka yang kecil dan meningkat dengan sangat cepat. “Mereka yang terampil akan lebih tertarik bekerja di tempat yang mengadopsi cara kerja baru,” katanya. “Tidak saja berkenaan dengan 80 persen waktu kerja , namun juga jam kerja, misalnya jam dimana mereka bisa menjemput anak di sekolah, atau juga soal lokasi kerja.” “Ibu-ibu tahu apa yang harus dikerjan, mereka bisa bekerja dan menyelesaikan tugas dalam 3 atau 4 hari, dan sudah bertahun-tahun melakukannya, mereka orang paling produktif yang pernah saya lihat selama ini,” kata Adam Hart. Ketika bekerja di rumah, bukan tidak mungkin anggota keluarga akan mengganggu.

Ida juga meminta pengawas ketenakerjaan meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan kader Norma Ketenagakerjaan di perusahaan-perusahaan. Hal itu mengingat keberadaan kader-kader tersebut menjadi mitra strategis dalam membantu memastikan ditaatinya norma-norma kerja di perusahaan. Jakarta -Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta pengawasan ketenagakerjaan di tingkat pusat dan daerah memastikan pekerja/buruh di masa pendemi Covid-19 dapat bekerja dengan aman dan nyaman di lingkungan kerjanya masing-masing. Pimpinan unit kerja diwajibkan untuk mengatur unit masing-masing dalam pengelolaan/pemberian tugas untuk menangani tata kelola, administrasi, kebersihan, dan keamanan dengan sistem piket atau shift, dengan ketentuan paling sedikit 2 orang per bagian atau program studi. Kembalikan suasana ramah dan nyaman yang telah engkau renggut wahai Covid-19!

Wabah Covid 19 telah menyebar ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia sehingga WHO menyatakan bahwa fenomena ini sebagai sebuah Pandemi. Akibat yang ditimbulkan bukan hanya pada kesehatan jiwa manusia yang terjangkit virus ini bahkan sampai menelan jutaan korban jiwa dan kondisi ekonomi yang sangat terdampak. Akibat Pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi ruang gerak penularan Covid 19 dengan berbagai cara, termasuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar . PSBB ini adalah pembatasan ruang gerak masyarakat untuk melakukan aktifitasnya di luar rumah demi upaya social distancing/physical distancing. Agar masyarakat tetap produktif bekerja di masing-masing kantornya selama pandemi, ventilasi atau sirkulasi udara di dalam ruangan harus benar-benar diperhatikan.

Biasanya mereka sibuk mempersiapkan diri untuk mudik saat Ramadan menjelang. Pada masa pandemi Covid-19 ini, mudik bukan suatu hal mudah untuk dilakukan, butuh perjuangan dan pengorbanan untuk bisa melaksanakannya. Indonesia’s Got Talent, Jokowi lagi cari anak-anak bangsa untuk berlaga di dunia Internasional, dan pemerintah jamin masa tuanya. Selain penerapan protokol kesehatan, pihaknya juga akan melakukan penggeledahan terhadap barang bawaan jemaat. Demikian juga kendaraan yang dibawa jemaat, akan dilakukan pemeriksaan. Diharapkan, pameran ini dapat jadi wadah interaksi langsung antara komunitas dan kelompok pebisnis batik, serta ajang promosi untuk meningkatkan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *