Ideas Agar Anak Tidak Bosan Selama Belajar Di Rumah Karena Pandemi Covid

Para siswa harus pandai-pandai mensiasati aktivitas di rumah agar tidak membosankan. Interaksi kepada guru perlu dilakukan orang tua ketika anak dan diri sendiri menemukan kesulitan terhadap pelajaran. Konsultasi dilakukan agar guru dapat memberikan solusi terbaik terhadap kesulitan yang dihadapi. Tak heran anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah sangat pandai menggunakan gawai ataupun perangkat teknologi lainnya. “PMI Kota Jakarta Pusat terus membantu pemerintah dan masyarakat, mempercepat vaksinasi agar pandemi covid 19 segera selesai,” ungkap Ketua PMI Kota Jakarta Pusat, H. Soewardi Sulaiman.

Tidak perlu terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit sehari sudah cukup untuk menanamkan kebiasaan membaca. Selanjutnya Parent Pinters dapat menanyakan kembali tentang bacaan si Kecil, misalnya pesan moral Kong4D dari cerita yang dibacanya. Dengan begitu anak juga belajar berdiskusi dan mengekspresikan pendapatnya.

Selain memasak makanan sehari-hari, Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat berbagai menu makanan ringan. Dengan begitu aktivitas anak di rumah akan lebih bervariasi sehingga anak tidak mudah bosan. Orang tua perlu memberikan pemahaman bahwa keadaan di luar rumah sedang tidak baik, sehingga harus berada di rumah untuk sementara waktu. Selain itu, orang tua juga perlu mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas bersama untuk menghilangkan rasa bosan selama di rumah. Di masa pandemi, tidak hanya anak yang merasa bosan tetapi juga orang tua, hal ini sering membuat orangtua tidak bisa mengendalikan emosinya. Berikut cara mengatasi untuk orangtua agar tidak emosi selama masa pandemi menghadapi anak bosan di rumah.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Siapkan peralatannya seperti meja, kursi, laptop computer dan buku-buku dengan baik. Penyebutan pun kalau seandainya bisa, diganti dengan Ibu atau Bapak, seperti halnya di ruang kelas. Kreasikan jadwal belajar yang sama, ada buat bel istirahat, dan selingi dengan video games seru yang berkaitan dengan pembelajaran. Jika tidak bisa memahami langsung dari penjelasan gurunya, maka cobalah melibatkan mereka dalam aktivitas orang tua agar tidak bosan. Jadikan hari-hari mereka produktif tidak hanya belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

Minimnya ekonomi keluarga juga menjadi faktor dari minimnya fasilitas yang menunjang proses belajar di rumah. Bahkan tak sedikit, keluarga siswa yang harus kehilangan penghasilan yang diakibatkan adanya pandemic Covid 19 ini, sehingga mereka juga harus sangat jeli dalam mengatur pengeluaran keuangan. Pada masa pembelajaran jarak jauh atau daring, sangat dibutuhkan partisipasi orang tua agar pembelajaran ini dapat terlaksana dengan optimum. Dalam pembelajaran daring, orang tua merupakan rekan kerja guru dalam mengajar anak-anak di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *