Menu Close

Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil

Ikhlas adalah suatu sikap perbuatan yang di lakukan hanya demi dan karena Allah semata tanpa mengharapkan imbalan dan pujian dari orang lain.Sedangkan ridha berarti rela yang berhubungan dengan qodha dan qodar dari Allah. Teratur dalam suatu urusan termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh judi online Al-Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Ketika suatu urusan ditangani secara bersama-sama, maka diharuskan bekerjasama dengan baik sehingga Allah menjadi cinta kepadanya.

Amalan ini telah teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin. Bacaan yang dimaksud ialah “La ilaha illallah, al-Malikul haqqul mubin” setiap hari a hundred kali. Sebagian ulama mengatakan dzikir dibaca setelah salat zhuhur.

lantas, pedagang Y tidak suka atas apa yang terjadi pada pedagang X. timbul kegelisahan dalam hati Y, sehingga ia berfikir negatif, mengharap apa yang dialami X, terjadi pada dirinya. Bahkan ia mengharapkan karunia yang dirasakan X itu berakhir. Ada keteladanan yang amat mulia dicontohan oleh Rasulullah Saw.

Cara agar kaya dunia akhirat

Sebagian mereka bahkan tidak menginginkan mendapatkan dunia sama sekali. Diceritakan bahwa sebagian sahabat tidak ridho jika mendapatkan dunia sedikit pun. Mereka pun tidak mencari-cari dunia karena yang selalu mereka harapkan adalah negeri akhirat. Semua ini mereka lakukan untuk senantiasa komitmen dalam amalan mereka, agar selalu timbul rasa harap pada kehidupan akhirat.

Pada banyak riwayat dikatakan bahwa infak dan sedekah bukan mengurangi harta, bahkan sebaliknya, menjadi banyak dan berkah. Dalam hal lain juga disampaikan bahwa infak dan sedekah dapat menghindarkan orang dari bala dan kesempitan. “Setiap ruas jari-jari yang pada manusia itu bias memberikan sedekah pada setiap hari yang diterbiti matahari. Berbuat adil diantara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Setiap langkah yang diayunkan untuk pergi shalat adalah sedekah.

Ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga tersebut yang baginya sulit terulang untuk kedua kalinya. Ia meminta sesuatu yang terbaik baginya, yakni memohon agar bisa membersamai Rasulullah SAW di surga. Namun Rasulullah SAW bertanya kembali “adakah sesuatu yang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *