Hadiri Han 2021 Bersama Jokowi, Ini Pesan Plt Gubernur Sulsel

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, kesehatan dan keamanan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas yang utama di masa pandemi COVID-19 ini. Pasalnya, keputusan ini dibuat untuk disesuaikan kembali dengan kebutuhan serta kondisi daerah masing-masing. “Meskipun demikian, apabila kondisi Kota Depok semakin membaik, tidak menutup kemungkinan untuk diadakan tatap muka di pertengahan semester,” ujar Thamrin.

Sekolah dengan tatap muka dibatalkan

Kabar6-Wali Kota Tangerang Selatan , Airin Rachmi Diany pastikan rencana kegiatan belajar mengajar tatap muka mulai Januari 2021 batal dilaksanakan. Alasannya karena kasus penyebaran virus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Selain itu, Nadiem mempertimbangkan tentang nasib peserta didik di daerah 3T yang mendapat kesenjangan akses digital, sebagai modal pembelajaran secara daring. Kendati demikian, Nadiem menjelaskan bahwa kebijakan ini bukan bersifat mutlak. Artinya, ketika Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan setempat belum siap maka pembukaan sekolah di zona kuning tak harus dilakukan.

Sementara di provinsi lain di luar PPKM Darurat tetap diberikan opsi untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas sepanjang memenuhi syarat. Bintang Puspayoga, dalam puncak peringatan HAN 2021, menyampaikan apresiasinya yang bertema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Dia menjelaskan anak-anak merupakan sumber daya Indonesia yang sangat berharga, maka hak anak-anak Indonesia harus dipenuhi tidak hanya dari orang tua mereka, tetapi menjadi tanggung jawab pemerintah dan seluruh stakeholder. Mengakhiri dialog tersebut, Presiden Jokowi kembali mengingatkan anak-anak Indonesia untuk rajin belajar. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

Hal itu dilakukan gara-gara kasus positif Corona atau COVID-19 di Palembang melonjak drastis belakangan ini. Khusus bagi daerah yang menerapkan PPKM Mikro zona merah, diterapkan PJJ atau daring sesuai dengan Inmendagri Nomor 14 Tahun 2021. Sementara, apabila PPKM mikro tengah dilaksanakan, maka sekolah dapat kembali melakukan kegiatan belajar jarak jauh atau online Casino Online.

Kelima, konstruksi masih tetap berjalan a hundred persen dengan protokol kesehatan ketat dan rumah ibadah dibatasi 50 persen. Fasilitas umum ditutup sementara dan moda transportasi diatur lebih jauh. “Walaupun protokol kesehatan telah dilakukan, namun ada rekomendasi dari tim gugus tugas untuk dibatalkan maka itu wajib dilaksanakan, ” jelas Idrus. Namun tim gugus tugas merekomendasikan untuk ditunda dulu, ” katanya, Selasa (24/11). Dengan begitu, proses sekolah daring masih tetap dilanjutkan meski sebagian sekolah-sekolah harus memberikan tugas secara guide dikarenakan proses belajar mengajar secara daring tidak begitu maksimal di beberapa sekolah.

Terlebih, kasus Covid-19 di Kota Batam belum dapat dikendalikan dan dikhawatirkan penyebaran makin meluas jika sekolah tatap muka nekat digelar. “Pun hasil diskusi Dinas Pendidikan dengan DPRD Banjarmasin tentang pembelajaran tatap muka, belum menemukan keputusan yang jelas,” tandas Kepala SMPN 10 Banjarmasin ini. Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Kalbar pun membatalkan sekolah tatap muka. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya Muhammad Ayub mengatakan, tatap muka di sekolah yang semula direncanakan mulai 4 Januari 2021, terpaksa kembali ditunda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan semua anak di Jakarta yang memenuhi syarat bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. Dadang menjelaskan, kasus Covid-19 pada balita, anak, dan remaja relatif tinggi di Depok, yakni dengan persentase persen dari complete kasus. “Bagi pendidik dan tenaga kependidikan pada seluruh jenjang pendidikan diimbau untuk segera melaksanakan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

” Untuk lansia di Kota Ambon, yang sudah tervaksin itu sekitar 9.000 orang, dan Ambon, terbesar di wilayah Indonesia Timur, kemudian Ambon juga menjadi thirteen Kota seluruh Indonesia, yang terbanyak melaksanakan vaksinasi bagi lansia, “tandas Latuheru. Latuheru yang menjabat sebagai Sekkot hampir 10 tahun itu mengaku, jika pemerintah menargetkan seventy five persen warga Ambon, harus tervaksinasi. Dia merinci, pertama, jumlah siswa hanya diperbolehkan sebanyak 25 persen dari total keseluruhan siswa dalam satu sekolah. Kedua, siswa dan staf sekolah hanya diberikan izin berada di sekolah selama dua jam. “Tatap muka kan dilaksanakan selama dua hari, dan hanya dua jam saja,” pungkasnya. Ini berlaku untuk semua daerah, karena kami tetap menganggap bahwa zona hijau, merah itu enggak ada.

Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi dan Wakil Wali Kota Inda Raya Ayu Miko Saputri juga mengikuti kegiatan dari Kota Madiun. “Sekolah tatap muka yang direncanakan tiga kali pertemuan dalam seminggu ini kita menunggu kabar dan arahan lebih lanjut dari Tim Satgas Covit-19,” jelas Jumurdin. Reynhard mengatakan, meskipun kemerdekaan anak-anak tersebut terbatas karena harus mengikuti pembinaan di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak . Ia juga menegaskan remisi merupakan bentuk apresiasi serta wujud nyata kehadiran negara dalam mengedepankan masa depan anak. Reynhard mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 1.001 anak mendapatkan remisi anak nasional kategori I dan 19 anak mendapatkan remisi anak nasional II atau langsung bebas.

Jokowi mengatakan, anak-anak Indonesia menghabiskan hari-hari dalam setahun ini dengan kegiatan dan belajar di rumah, tidak bepergian dan tidak bermain keluar rumah. “Saya tahu kalian pasti rindu berkumpul dengan teman, sepupu, atau kakek dan nenek,” kata Jokowi. Di momen Hari Anak Nasional, Jokowi meminta agar anak-anak di Indonesia tetap terus bergembira, meski masih melakukan kegiatan di rumah saja selama masa pandemi Covid-19. Jakarta, law-justice.co – Presiden Joko Widodo berbincang dengan anak-anak dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021. Untuk diketahui, puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021 digelar secara virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *