Menu Close

Dari 339 958, Baru 6 Persen Lansia Di Kabupaten Bogor Disuntik Vaksin Covid

Allin menjelaskan organisasi dan instansi dapat bekerjasama dengan Kemenkes atau Dinkes untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia. “Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi,” kata Alin. Menurut dia, vaksinasi bagi lansia 60 ke atas akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi, untuk seluruh provinsi di Indonesia.

Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 62 per one hundred penduduk. Sekitar 6,8 juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal free of charge. Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer. Israel berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan kuota vaksinasi corona per kapita tertinggi sedunia.

Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Windu Purnomo menilai keputusan BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 bagi lansia sudah tepat. Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar 11 slot online indonesia dari 100 warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu.

Vaksinasi bagi Lansia

Di kedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Untuk pelaksanaan vaksinasi di D.I Yogyakarta sampai dengan saat ini dari sasaran nakes sebanyak 37.637 sudah teregistrai sebanyak 37.314 (ninety nine,14 %). Nakes yang divaksin pada 1 sebanyak 30.794 (eighty one,eighty two%) dan divaksin tahap 2 sebanyak 7.947 (21,eleven%). Pelaksanaan vaksinassi bagi nakes masih terus berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya.

SRAGEN – Sejumlah kelompok lanjut usia diatas usia 60 tahun Kabupaten Sragen mulai menerima suntikan vaksin covid-19, Jumat (5/3/2021). Liputan6.com, Jakarta Lansia merupakan kelompok berisiko tinggi apabila tertular COVID-19. Untuk itu pemerintah mengupayakan percepatan vaksinasi bagi golongan lanjut usia . Menurutnya, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Selain itu program vaksinasi drive through ini free of charge dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

“Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya. Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2). Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun. Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca dalam penjelasan perlindungan data kami. “Vaksin ini bisa diberikan di atas 18 tahun, juga untuk lansia. Untuk lansia sangat baik, sangat aman, dan juga imunogenisitasnya cukup tinggi,” kata Ketua ITAGI Sri Rezeki Hadinegoro dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/three).

Lansia yang tidak lolos skrining ini tidak boleh mendapatkan vaksin Sinovac. Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai ninety eight%. Jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam 37,5 derajat celcius ke atas, penundaan dilakukan sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. “Ada tambahan pertanyaan untuk menilai apakah usia lebih dari 60 tahun dapat menerima vaksin,” ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *