Menu Close

Cerita Karyawan Yang Tetap Bekerja Di Tengah Pandemi Covid

Sedangkan mereka di sektor informal yang harus kehilangan pekerjaan berjumlah 538.385 pekerja dari 31.444 perusahaan atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah . Mereka kena PHK atau dirumahkan sejak kebijakan Work From Home maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar berlaku. “Sesuai dengan tugas dan fungsinya, kolaborasi antara pengawas ketenagakerjaan dan kader norma harus menciptakan situasi kerja yang kondusif, di mana perusahaan tetap produktif, dan hak-hak pekerja juga terlindungi,” ujar Ida.

Mesti ada pengeluaran tambahan membeli pulsa dan paket information bagi yang ingin mendapat layanan penyelenggara. Kondisi ini akan terus diperpanjang hingga batas waktu yang belum pasti diketahui. Dokumen persetujuan ini akan terus diperbarui selama masa pandemi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. Mungkin Anda juga sering mendengar untuk mencuci tangan secara berkala.

Dengan begitu semua kegiatan dapat dilakukannya secara normal serta tidak khawatir akan tertular virus tersebut. Maka dari itu Niken pun merasa keberatan atas kebijakan kantornya yang belum menerapkan kebijakan work at home. Sejatinya pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah dan assembly dapat dilakukan secara digital.

Kita dituntut untuk bisa bekerja di kantor dan di rumah, maka tentu kita harus bekerja dengan perangkat yang bisa kita bawa kemana-mana. Selain smartphone, perusahaan harus mempersiapkan karyawannya untuk bekerja dengan laptop computer. Penggunaan laptop computer harus dipersiapkan juga untuk bisa mengakses sistem aplikasi perusahaan dengan aman. Laptop ini secara umum akan mengakses e mail, website dan aplikasi menggunakan koneksi Internet, maka sangat diperlukan menyediakan koneksi aman dengan Virtual Private Network dan akses SSL di aplikasi web kita. Lalu bagaimana dengan aplikasi server yang masih berbasis desktop, maka kita dapat menggunakan aplikasi thin shopper atau terminal service, sambil perusahaan mempersiapkan diri mengubah seluruh aplikasinya menjadi net-primarily based. Sebelum pandemi, pengembang ingin membuat sebanyak mungkin tempat kerja di satu kantor.

Dia menyebut, para pelaku usaha di berbagai sektor tengah menyiapkan Standar Operasional Prosedur untuk pedoman berkegiatan di tengah pandemi. Rencana pemerintah melonggarkan ketentuan PSBB dan memulai fase ‘new regular’ terlihat dari rancangan pelonggaran pembatasan yang dimiliki Kementerian Koordinator Perekonomian. Dalam rancangan tersebut, pemerintah membagi 5 fase pemulihan ekonomi yang akan dimulai per 1 Juni. Kesiapan dunia usaha salah satunya disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani.

Tak disadari, kondisi ini telah mengubah banyak hal, mulai dari cara bekerja, cara belajar, cara berhubungan dengan orang lain hingga perlindungan diri dari virus corona. Tak hanya itu, pandemi ini juga telah mempengaruhi psychological masyarakat karena banyak warga menjadi khawatir, takut dirinya atau anggota keluarganya ikut terinfeksi penyakit tersebut jika beraktivitas atau bekerja di luar rumah. Bisnis online termasuk pekerjaan yang bisa Anda kerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah. Kekuatan media sosial sangat mendominasi dunia di period trendy seperti sekarang ini.

Seharusnya kita memang tinggal di rumah untuk memutus rantai penyabaran Virus Corona, ini juga merupakan himbauan pemerintah agar kita mendukung penyelesaian masalah pandemi world ini. Namun kenyataannya tidak semua orang bisa tetap di rumah, pasalnya kebutuhan orang berbeda-beda. Ada yang harus membeli kebutuhan, seperti bahan makanan, obat-obatan, atau untuk urusan mendesak lainnya. Meskipun sudah ada instansi atau perusahaan yang sudah memberlakukan WFH , namun masih tetap ada yang meminta karyawannya bekerja di luar rumah.

Bekerja dalam masa Covid

Jika tidak tersedia fasilitas mencuci tangan dengan air, Anda juga boleh menggunakan Lifebuoy Hand Sanitizer Lifebuoy Hand Sanitizer untuk mencegah penyebaran virus. Segera lanjutkan dengan mencuci tangan dengan sabun setelah Anda bisa mendapatkan akses air dan sabun bersih. Cucilah tangan dengan menyeluruh, termasuk ke sela-sela jari, kuku dan punggung tangan selama durasi minimal 20 detik dengan air mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *