Menu Close

Cara Mengatasi Kecemasan Kesehatan Selama Pandemi Covid

Apabila masker tidak tersedia saat sakit, Anda dapat mengikuti etika batuk dengan benar, yaitu menutupi mulut ketika batuk atau bersin dengan tisu atau menggunakan lengan tangan. Di samping itu, hindari untuk sering menyentuh bagian mulut atau hidung dengan tangan. Sebab dikhawatirkan virus corona yang menempel di tangan kemudian akan menyebar lebih luas lewat mulut atau wajah. Mulai dari poin pertama hingga kelima, manakah yang para orang tua sudah lakukan?

Protokol tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan. Waktu yang diperlukan sejak tertular/terinfeksi hingga muncul gejala disebut masa inkubasi. Saat ini masa inkubasi COVID-19 diperkirakan antara 1-14 hari, dan perkiraan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan kasus. Untuk 2019-nCoV, dari kasus-kasus yang ditemukan saat ini, dampaknya tidak terlalu besar dan angka kematiannya kecil .

Cara mengatasi Covid

Tapi, Anda perlu menghubungi dokter bila gejalanya tidak membaik beberapa minggu. Ilustrasi ruam kaki “Beberapa orang telah melaporkan kesemutan di ekstremitas mereka yang mungkin termasuk cedera vaskular akibat virus corona,” kata Marion. Untuk kondisi saat ini, seseorang belum bisa diberikan surat keterangan bebas COVID-19, karena kita tidak pernah tahu apakah dia pernah kontak dengan orang yang sakit COVID-19. Tidak ada batasan usia orang-orang dapat terinfeksi oleh coronavirus ini (COVID-19).

Virus ini menular melalui percikan dahak dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada diruang tertutupyang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet. Pada kondisi yang berat, bantuan napas melalui mesin ventilator dapat diberikan pada pasien untuk menyokong fungsi organ vital lainnya. Untuk pemeriksaan radiologi, dapat dilakukan pemeriksaan rontgen (x-ray) dada dan CT-scan dada. Sebagian besar pasien akan menunjukkan gambaran kekeruhan di kedua paru.

Demikian pula, sediaan dahak dan, bila diperlukan, cairan bronkus . Namun, virus corona dari Wuhan ini merupakan virus baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia sebelumnya. Karena itu, virus ini juga disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV. Namun, obat ini tidak bisa fdigunakan untuk melawan virus penyebabnya. Meskipun obat antivirus ini disetujui di Cina dan Jepang untuk mengobati influenza, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa obat tersebut efektif mengatasi Covid-19. Obat ini biasanya digunakan untuk obat kumur dan produk-produk kesehatan gigi untuk membunuh kuman.

Berkaitan dengan petugas medis, Anung menjelaskan pentingnya memakai pelindung lengkap saat penananganan pasien terduga dan terinfeksi virus. Virus korona tipe baru menjadi pandemi yang menyebar dengan cepat ke berbagai negara. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia melakukan upaya dan mengambil kebijakan penanganan virus korona.

Itu sebabnya, Anda disarankan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Virus corona biasanya menyerang saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa. Gejala-gejala virus corona meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, mungkin sakit kepala dan mungkin demam yang bisa berlangsung selama beberapa hari. Virus corona yang diduga menyebabkan radang paru-paru ini belum ditemukan vaksin untuk mengobatinya. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat penyebarannya tidak meluas.

‘Social distancing’ adalah usaha untuk meminta warga tidak melakukan kontak fisik yang terlalu dekat antara satu sama lain, karena kedekatan jarak berpotensi menyebarkan virus lewat tetesan air liur. Wiku berharap media massa semakin kreatif menyampaikan pesan ke masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sejak awal tahun ini, pemerintah sudah memberikan vaksin bagi tenaga kerja, lansia dan pekerja sektor publik atau yang sering berhubungan dengan masyarakat umum. Untuk menghindari pandemic fatigue, anggota masyarakat juga harus dilibatkan dalam mencari solusi atau merancang kebijakan, bukan hanya sekadar sebagai obyek yang harus patuh.

Jika merasa tidak sehat, seperti demam 38 derajat celcius atau lebih, dan batuk pilek, sebaiknya istirahat di rumah. Jika masih ada keluhan, misalny kesulitan bernapas, segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Setiap kali kamu demam, batuk, atau susah bernafas, penting bagi kamu untuk mencari bantuan medis sesegera mungkin, karena ini bisa jadi judi online disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atau kondisi serius lainnya. Gejala gangguan pernapasan yang disertai demam bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan tergantung pada riwayat perjalanan dan kondisimu, di mana virus coronaCOVID-19 bisa menjadi salah satu penyebab. Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *