Menu Close

Cara Daftar Vaksin Covid

Mereka harus menunggu 30 menit di tempat yang telah disediakan untuk mengantisipasi jika terjadi reaksi usai disuntik vaksin. Salah satu lansia yang juga Wakil Ketua PMI Sragen, Suwarno sangat setuju lansia mendapat kesempatan menerima suntikan vaksin. “Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati. Kasus reaksi parah terhadap vaksinasi influenza sangat jarang terjadi, begitu juga dengan jenis vaksin hepatitis B, vaksin pneumococcal, dan vaksin herpes zoster.

Semua lansia yang dilaporkan mengalami efek samping serius juga sudah berusia di atas 70 tahun dan memiliki penyakit penyerta. Calon peserta vaksinasi Covid-19 harus membawa fotokopi KTP atau surat domisili di wilayah Ibu Kota. “Dalam rangka percepatan vaksin Covid-19 massal bagi lansia,” tulis akun itu.

Lalu, Dinkes akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi pada lansia yang terdaftar. Selengkapnya, berikut link formulir pendaftaran terbaru untuk vaksinasi Covid-19 bagi para lansia, sebagaimana dirangkum Kemkes.go.id. Kemudian, di situs-situs resmi tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Untuk mencegah kejadian terulang, RSUD Kembangan pun menurunkan sejumlah personil untuk membantu mereka yang kesulitan mendaftar secara on-line. “Calon penerima vaksin yang datang langsung, tetap harus mendaftar on-line, petugas kami akan membantunya. Kondisi berbeda, kata perempuan yang memiliki gelar dokter gigi ini, terjadi pada hari pertama vaksinasi dimulai.

Kedua lokasi menjadi prioritas karena tercatat lebih dari sixty five% kasus covid-19 ditemukan di dua wilayah tersebut. Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia akan dimulai dari tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia yang bukan tenaga kesehatan . Kendati terdapat laporan mengenai efek samping vaksin COVID-19 yang berdampak serius atau fatal pada lansia, jumlahnya terbilang sangat sedikit dan tidak bisa serta-merta dikaitkan dengan vaksinasi COVID-19.

BALIKPAPAN – Vaksinasi bagi warga lanjut usia dilaksanakan mulai Minggu (7/three/21) di Balikpapan Sport and Convention Center Dome. Untuk tahap pertama vaksinasi bagi warga kelompok lansia ini menyasar 400 orang. Pemerintah sudah memulai program vaksinasi COVID-19 bagi kategori lansia pada 8 permainan online Februari 2021 di fasilitas kesehatan baik itu puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Vaknasinasi bagi lansia ini menjadi tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap vaksin.

Apakah bisa datang langsung ke puskesmas terdekat atau puskesmas tertentu di salatiga yang mengadakan vaksinasi. “Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia,” pungkasnya. KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 27 orang warga kelompok lanjut usia di Kota Pekalongan mulai menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Pemberian vaksinasi tersebut dilakukan di Puskesmas Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat,Kota Pekalongan, Sabtu (6/three/2021).

Vaksinasi bagi Lansia

Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar menyebut masing-masing fasilitas kesehatan di Lebak telah memiliki data lansia calon penerima vaksin berdasarkan information hasil koordinasi dengan pos pembinaan terpadu lansia. PEMERINTAH Provinsi Sumatra Selatan terus menggencarkan vaskinasi covid-19 bagi pelayan publik dan masyarakat lanjut usia di wilayahnya. Sampai saat ini vaksin Covid-19 di wilayah Sumsel mencukupi, meski sebenarnya Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan. Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu, sesuai dengan ketersediaan vaksin dan goal prioritas yang ditetapkan pemerintah.

Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini. “Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM. Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Namun dari tujuh vaksin COVID-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac. Sesuai dengan data-knowledge hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18 hingga fifty nine tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *