Menu Close

Bekerja Di Rumah Saat Pandemi Corona? Ini Plus & Minusnya

Komunikasi untuk tim pusat secara langsung dalam menerima informasi yang searah dan dapat secara langsung dilakukan maupun dimengerti dibutuhkan oleh setiap karyawan ataupun suatu tim. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Jangan lupa juga untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti jaga jarak aman dan tidak berkerumun, sekaligus mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah. Hand sanitizer diperlukan jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta. Belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan Anda dari virus dan bakteri secara efektif.

Alasan tidak lagi direkomendasikannya strategi berbasis tes adalah, karena hanya akan mengakibatkan isolasi pada pasien yang berkepanjangan karena tetap terdeteksinya RNA virus SARS-CoV-2 tetapi tidak lagi menularkan virus . Pada tanggal 27 Mei 2020, WHO menerbitkan panduan tentang manajemen klinis COVID-19 dan memberikan rekomendasi terbaru tentang kriteria untuk penghentian isolasi pasien COVID-19. Kriteria yang diperbarui didasari oleh temuan-temuan baru bahwa pasien yang sudah tidak bergejala, ternyata masih menunjukkan hasil tes positif virus COVID-19 (SARS-CoV-2) dengan RT-PCR selama berminggu-minggu. Bahasan.ID adalah wahana dan sarana yang disediakan untuk masyarakat sebagai alat untuk saling berkenalan, bertukar ide dan gagasan mengenai perkembangan hukum, masyarakat, dan pembangunan di Indonesia. Tidak peduli ada Corona atau tidak, pasar tetap saja ramai dikunjungi orang.

Aturan regular baru memang mau tidak mau harus segera diterapkan agar ekonomi tidak lumpuh. Semua diharapkan bisa menjalaninya sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ada. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri .

Donny tidak spesifik menyebut kapan pelonggaran pembatasan akan dilakukan. Pendapat senada disampaikan Epidemiolog dari Universitas Indonesia Syahrizal Syarif. Dia mengatakan, pemerintah harus mengantisipasi potensi munculnya kerumunan orang yang bakal terjadi ketika para pekerja mulai beraktivitas di sebuah space perkantoran atau industri. “Kalo bisa diterapkan testing kelompok dengan jumlah enggak lebih dari 10 dalam tiap grup. Untuk karyawan yang dicurigai sebelum kerja lakukan dulu skrining, mulai riwayat kesehatan dan status umum,” ujar Dicky kepada Lokadata.id.

WFH merupakan sebuah konsep di mana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Untuk mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19, pemerintah telah mengimbau agar masyarakat melakukan social distancing. Pengaturan bekerja dari rumah .Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah.

Hal ketiga yang diatur dalam edaran ini terkait penyelenggaran kegiatan dan perjalanan dinas. Oman mengatakan bahwa Menag meminta agar seluruh penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak peserta, baik pada tingkat pusat maupun daerah, ditunda atau dibatalkan. Penyelenggaraan rapat-rapat dilaksanakan sangat selektif, sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang harus diselesaikan, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi.

Pastikan kamu menerapkan bodily distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1–2 meter, baik dalam perjalanan maupun di tempat kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegahmu menghirup percikan ludah orang lain saat mereka bicara, batuk, atau bersin. Selama bekerja pun, cucilah tangan atau gunakan hand sanitizer sesering mungkin, setidaknya setiap four jam.

Bekerja dalam masa Covid

Pada tiga bulan pertama sekolah dari rumah, Dina mewajibkan anaknya menyelesaikan tugas yang diberikan guru pada hari yang sama. Bulan-bulan berikutnya, Dina lebih melonggarkan sang anak terkait tuntutan belajar. Ketika anaknya tampak mulai kurang konsentrasi dan tidak ingin menyelesaikan tugas pada hari itu, ia memberi kesempatan kepada sang anak untuk menyelesaikan tugas sekolah di hari berikutnya. Sementara itu, ketika sadar sedang mengalami gejala stres ringan lantaran rentetan perubahan aktivitas sehari-hari sebagai dampak pandemi, Dina mengobrol dengan suaminya untuk menyelesaikan permasalahan internal yang dihadapi. Beban berat yang dirasakan Dina pada tiga bulan awal pandemi berangsur-angsur berkurang ketika ia menurunkan ekspektasi, baik terhadap diri sendiri, suami, maupun anak-anaknya.

Bekerja secara distant, atau bekerja di rumah akan membuat Anda merasa terisolasi dan sulit untuk terlepas dari pekerjaan. Dalam sosialisasi tersebut, tutur Isna, peran praktisi K3 sangatlah strategis. Mereka menjadi aktor kunci untuk memfasilitasi akses informasi pekerja dan manajemen sebuah perusahaan terkait K3 selama pandemi ini. Juga sebagai bagian dari pembuatan atau revisi rencana untuk pencegahan, penahanan, mitigasi, dan pemulihan. Isna pun berharap, Pos UKK di Pusat Kesehatan Masyarakat dapat berjalan aktif sehingga mampu bersiaga untuk memberi pelayanan kesehatan terbaik di tengah pandemi Covid-19 ini. Memberikan perhatian dan waktu bagi orang terdekat untuk menjaga keharmonisan hubungan.

Agus mengatakan, peran tenaga kesehatan masyarakat sangat penting dalam penanganan Covid-19 pada setiap stage intervensi. Utamanya pada stage masyarakat untuk melakukan komunikasi risiko dan edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan untuk melawan Covid-19. Kemudian untuk melakukan contact tracing & monitoring kingkong games , serta fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *