Bantu Warga Lanjut Usia Mengakses Vaksin Covid

“Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati. Pertanyaannya meliputi nama lengkap, jenis kelamin, tempat tinggal, nama fasilitas kesehatan yang dipilih, nomor induk kependudukan , usia, nomor telepon, hingga tanggal lahir. Menurutnya, Kemenkes telah melakukan sejumlah cara untuk mempermudah program vaksinasi Covid-19. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Vaksin pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh. Kemudian menjaga tubuh agar tidak dapat terinfeksi oleh serangan virus, bakteri dan kuman.

“Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona. Dr Sherrvy Eva Wijayaningrum dari Siloam Hospitals Jember megatakan dalam penerapan vaksinasi, perlu dilakukan beberapa tahap pemeriksaan dan kondisi riwayat penyakit bawaan. Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,8 juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita eleven per a hundred warga. Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 600 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Prof Iris yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengaku belum disuntik vaksin karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium menyusul penyakit penyerta yang ia miliki.

“Puskesmas pembantu seharusnya juga bisa dimaksimalkan agar beban puskesmas tidak terlalu berat. Sedangkan di Dinas Kesehatan tadi kita dorong agar proses vaksinasi bisa terus digenjot mengingat capaian vaksin untuk manula, dan pelayanan masyarakat masih rendah,” ungkap Bupati. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Vaskin covid untuk manula

Kelompok prioritas penerima vaksin tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus Covid-19. Dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, kelompok penerima vaksin Covid-19 tahap kedua di antaranya adalah Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia . KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal.

pre-screening melalui JAKI, usahakan kamu bisa melakukan vaksinasi sesuai jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan. Namun, kamu harus memperhatikan mekanisme berikut saat berada di lokasi vaksinasi, ya. Pastikan NIK yang kamu masukkan tidak salah dan sudah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *