Menu Close

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor

“Kita semua tentu sangat berharap agar dengan vaksinasi ini tingkat penyebaran COVID-19 bisa ditekan hingga zero, semua kita bisa beraktivitas kembali dan ekonomi kembali pulih.” “Masyarakat sangat memegang peran penting dan menjadi kunci keberhasilan dari upaya memutus penyebaran COVID-19 di Tanah Air,” pungkas Doni. “Mari kita betul-betul mampu mengubah diri, menjaga diri, agar kasus tidak semakin banyak,” tutur Yuri. “ Harus berhadapan langsung dengan virus selama 6 jam, dengan menahan keinginan untuk ke kamar kecil, menahan keinginan untuk minum, untuk makan, dan seterusnya nonstop,” kata Yuri. Yuri juga melihat bagaimana para tenaga medis itu harus bekerja berhadapan virus mematikan selama enam jam, dengan balutan Alat Pelindung Diri yang melekat pada tubuhnya, sehingga untuk makan dan minum hingga buang air saja harus mereka tahan. Apabila mengalami keluhan kesehatan yang dicurigai COVID-19 segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan melalui telemedicine seperti sehatpedia, halodoc, good doctor, call middle COVID-19 setempat, dan lain lain.

Meski demikian, Dicky menyebut bahwa hal terpenting yang harus dilakukan setelah PSBB dilonggarkan adalah meningkatkan kapasitas pemeriksaan. Peningkatan ini bisa dilakukan salah satunya dengan memeriksa para pekerja yang dicurigai terpapar Covid-19 sebelum masuk kantor masing-masing. Rencana pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan dan memulai kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19 disambut positif pelaku usaha di Indonesia. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengusaha harus memenuhi sejumlah kaidah kesehatan saat menjalani fase new regular nanti. Bagi pekerja/buruh yang dikategorikan sebagai ODP terkait COVID-19 berdasarkan keterangan dokter sehingga tidak dapat masuk kerja paling lama 14 hari atau sesuai standar Kementerian Kesehatan, maka upahnya dibayarkan secara penuh.

Kebijakan WfH menuntutnya harus tetap aktif bekerja dengan menyesuaikan pada pola kerja yang benar-benar baru. Dalam istilahnya, semua kegiatan di-on-line-kan, sehingga otomatis tata laksana di setiap kegiatan pun menjadi berubah. Anjar tidak menampik bahwa ia sempat mengalami stres akibat perubahan-perubahan di masa pandemi ini.

Jadi, hal ini bergantung pada kemauan sendiri soal jenis project apa yang sedang dipegang dan berapa lama Pins bisa bekerja dalam sehari. Hal yang penting untuk dinegosiasikan adalah kapan Pins harus bekerja, kapan deadline yang harus dipenuhi ataupun jika ada assembly bersama sekali-kali. Sebelum munculnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, mudik diperbolehkan dengan tetap menjaga kesehatan dan menjaga jarak sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020. Namun, dengan munculnya Permenhub No. 25 Tahun 2020 tersebut, untuk sementara waktu mudik idul fitri tahun ini dilarang, sampai tanggal 31 Mei 2020.

Bekerja dalam masa Covid

Wabah coronavirus disease atau yang biasa disebut Covid-19 saat ini membuat banyak perusahaan menjalankan kebijakan bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Kebijakan ini dilakukan demi keselamatan bersama dan mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun hal itu dinilai tidak bisa diterapkan secara penuh di seluruh industri (Shinta dalam m.bisnis.com, 2020).

Bagaimana agar berbelanja di grocery store tetap aman dari virus corona? Tentu saja kolaborasi lebih jauh antar sektor swasta dan publik untuk menjawab tantangan jangka pendek dan jangka panjang akan jadi kunci dalam membangun ketahanan dan mendorong pemulihan ekonomi. Bisa saja pemerintah meninjau langkah-langkah dan kebijakan stimulus untuk melindungi kesejahteraan publik, pekerjaan, bisnis, sementara sektor swasta menyediakan teknologi dan keahlian industri mereka yang akan membantu merespons keadaan saat ini.

Organisasi kesehatan masyarakat merekomendasikan agar perusahaan melarang karyawan atau pengunjung datang ke tempat kerja untuk jangka waktu 14 hari setelah paparan “menengah” atau “berisiko tinggi” terhadap kesehatan. Jikalau keadaan kerja yang menyenangkan tersebut masih belum mampu menghalau rasa cemas dan stres pekerja, maka kebersyukuran dapat diterapkan. Dengan melatih kebersyukuran pada karyawan maka dapat secara efektif menurunkan stres kerja. Rasa bersyukur juga membuat seseorang merasa lebih baik tentang kehidupannya dan lebih optimis (Cahyono, 2014; Emmons dan Crumpler, 2000). Faktor yang patut disyukuri terutama oleh karyawan adalah masih memiliki pekerjaan dan pemasukan bulanan yang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *