Menu Close

5 Cara Orang Tua Mencegah Virus Corona Di Rumah

Sebab mulut dapat menjadi gerbang masuknya bakteri, kuman, dan virus yang mengganggu kesehatan tubuh. Solopos.com, SOLO — Kontak erat menjadi subjek dominan dalam klaster keluarga selama setahun pandemi virus corona jenis baru di Indonesia. Karena itu, kontak erat menjadi perhatian dalam pengendalian klaster keluarga Covid-19 di stage mikro melalui pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM. Fimela.com, Jakarta etika anak-anak mendengar tentang virus Corona (COVID-19), mereka tidak langsung mengerti tanpa melihat wujud dan bentuk dari virus Corona.

TRIBUNNEWS.COM – Virus corona atau Covid-19 telah menginfeksi setidaknya 734.931 orang di dunia, di mana 34.780 orang di antaranya meninggal dunia, menurut information dari Worldometers. Jika dilihat dari persentase angka kematian yang di bagi menurut golongan usia, maka kelompok usia di atas 60 tahun memiliki persentase angka kematian yang lebih tinggi dibandingkan golongan usia lainnya. Virus ini menular melalui percikan dahak dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada diruang tertutupyang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Pastikan Anda juga menjaga kebersihan ketika berkunjung ke pasar dan mencegah kontak dengan hewan liar. Sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati. Caranya dengan menutupi mulut ketika batuk atau bersin dengan tisu atau menggunakan lengan tangan. penularan COVID-19 terjadi melalui droplet, yakni percikan cairan tubuh saat pasien batuk, bersin, atau berbicara.

Cara mengatasi Covid

Larangan sementara meliputi penggunaan alat transportasi darat, perkeretaapian, laut dan udara. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang memperbesar risiko penularan, Presiden Jokowi segera melakukan rapat terbatas tentang pelarangan mudik. Hasilnya, melalui saluran Sekretariat Presiden, imbauan untuk tidak melakukan mudik diserukan oleh Jokowi. Sementara untuk ASN, Presiden tidak hanya mengimbau namun memberlakukan larangan mudik.

Oleh karena itu, tenaga medis dan orang yang melakukan kontak dengan pasien COVID-19 perlu menggunakan alat pelindung diri . Penyebarannya yang cepat membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukanlockdownuntuk mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menekan penyebaran virus ini.

Warga yang baru pulang dari Wuhan, Cina, dan mengalami demam dalam kurun waktu 14 hari, agar segera memeriksakan kesehatannya di fasilitas kesehatan terdekat, baik puskesmas maupun rumah sakit. Kasus penularan virus corona semakin bertambah di Indonesia haruslah diiringi dengan kewaspadaan yang semakin tinggi pula. Patuhi protokol kesehatan sebaik mungkin demi diri sendiri, keluarga dan orang sekitar kamu agar tidak memperbesar risiko mereka tertular oleh virus corona.

Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum. Tidak ada batasan usia orang-orang dapat terinfeksi oleh coronavirus ini (COVID-19). Namun orang yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya tampaknya lebih rentan untuk menderita sakit parah. Segera cari perawatan medis jika penyakit Anda memburuk, misalkan jika Anda kesulitan bernapas. Hubungi dulu dokter yang bersangkutan dan beri tahu mereka gejala Anda. Cara penanganan virus corona bila Anda merasakan gejala ringannya, pastikan untuk menjaga jarak dengan anggota keluarga lain supaya tidak tertular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *