Menu Close

11 Dokter Bagikan 3 Langkah Memutus Penularan Corona Covid

Itulah beberapa hal yang penting untuk diketahui seputar virus corona. Jagalah kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh Anda dan keluarga. Selain itu, terapkan langkah-langkah pencegahan di atas agar terjauh dari virus corona dan tetap #LiveExcellently. Komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat merupakan komponen penting yang tidak terpisahkan dalam penanggulangan tanggap darurat kesehatan masyarakat, baik secara lokal, nasional, maupun internasional. Dengan demikian, hal-hal tersebut dapat meminimalkan kesalahpahaman dan mengelola isu/hoaks terhadap kondisi maupun risiko kesehatan yang sedang terjadi.

Selain itu, pemerintah China juga telah membatalkan perayaan Tahun Baru Imlek demi mencegah penyebaran wabah virus corona. Meski kasus ini belum ditemukan di Indonesia, namun kita tetap harus waspada. Laporan BBC menyebutkan sebanyak 51 orang di China dinyatakan pulih dari virus corona dan keluar dari rumah sakit. Maka, agar kamu tetap tenang dan waspada menyikapi wabah penyakit ini, yuk kenali fakta seputar virus corona, dari mulai gejala dan cara mencegah virus corona. • Tetaplah tinggal di rumah dan lakukan isolasi mandiri meskipun hanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit kepala, dan demam ringan sampai Anda sembuh. Jika Anda harus meninggalkan rumah, kenakan masker untuk menghindari penularan ke orang lain.

Kebersihan tangan juga diperlukan ketika menggunakan dan terutama ketika melepas APD. Orang dengan gejala sakit saluran pernapasan harus disarankan untuk menerapkan kebersihan/etika batuk. Jika gejalamu semakin memburuk, kamu bisa datang ke rumah sakit terdekat sesuai dengan domisilimu yang melayani pengobatan Covid-19.

Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus COVID-19 jika orang tersebut terinfeksi penyakit ini. • Jika seseorang melakukan isolasi mandiri, artinya orang tersebut sedang sakit namun tidak parah • Sediakan kamar sendiri yang besar dengan sirkulasi udara yang baik dan dilengkapi sarana mencuci tangan dan rest room. • Jika Anda tidak memiliki gejala, tetapi telah terpajan orang yang terinfeksi, lakukan karantina mandiri selama 14 hari. Jika Anda mengalami gejala ringan, seperti batuk ringan atau demam ringan, secara umum tidak perlu mencari pertolongan medis. Jika Anda tidak memiliki gejala, tetapi telah terpajan orang yang terinfeksi, lakukan karantina mandiri selama 14 hari. Katanya, fasilitas kesehatan telah memadai untuk melakukan terapi pendukung bagi korban terinfeksi virus corona.

Sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati. Selain itu, ketika Anda merasa tidak enak badan, cobalah untuk berdiam diri di rumah dan gunakan masker bila Anda terpaksa berkontak dengan orang lain. penularan COVID-19 terjadi melalui droplet, yakni percikan cairan tubuh saat pasien batuk, bersin, atau berbicara.

Langkah tepat jika terkena Covid

APD lengkap harus digunakan petugas yang menangani jenazah jika pasien tersebut meninggal dalam masa penularan. Sarung tangan tidak diperlukan kecuali digunakan untuk perlindungan terhadap bahaya mekanis, seperti saat memanipulasi permukaan kasar. Memakai masker apapun jenisnya tidak dianjurkan saat menangani kargo dari negara/area yang terjangkit. Pengemudi dan perawat pendamping rujukan harus sering membersihkan tangan dengan alkohol dan sabun.

Sekolah sebagai tempat berinteraksi antara guru dan siswa seharusnya sudah bersiap melakukan antisipasi penyebaran virus tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan Surat Edaran nomor three Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Berikut, kami rangkum menjadi 5 langkah pencegahan yang bisa Bapak/Ibu Guru lakukan di sekolah tempat Anda mengajar. Namun, menjadi tidak wajar apabila kepanikan tersebut menjadi berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *