​inilah Syarat Lansia Bisa Divaksin Covid

“Bagi usia rentan malah baik dilakukan vaksinasi supaya tidak gampang terkena COVID-19 juga,” katanya. Ponorogo (beritajatim.com) – Banyak cara dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat. Mulai dari pemberitahuan lewat media massa, media sosial bahkan sampai sosialisasi langsung ke masyarakat. Orang lanjut usia menjadi salah satu prioritas pemberian vaksinasi covid-19 di Indonesia. Sebelum melakukan vaksinasi covid-19, lansia dianjurkan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya terlebih dahulu.

Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per one hundred penduduk. Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump.

Vaksin bagi lansia

Diharapkan laju vaksinasi berjalan seimbang dengan ketersediaan pasokan dosis vaksin di Tanah Air. Setelah diklik, peserta akan dibawa ke halaman berikutnya yang berisi daftar lokasi vaksinasi, yaitu Jakarta dan 33 ibu kota provinsi lainnya. Di tahap awal, vaksinasi baru akan dilakukan di Jakarta dan ibu kota provinsi saja. Lalu, prioritas juga akan dilakukan di Jawa dan Bali terlebih dahulu karena menyumbang 65 persen dari kasus Covid-19 nasional. Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, Pertama melalui web site , di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Sebab lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari.

Pada tahap kedua ini, ada 17,4 juta petugas layanan publik dan 21,5 juta penduduk lanjut usia yang akan divaksin. Untuk diketahui, terkait izin penggunaan darurat vaksin bagi lansia, BPOM juga telah mengeluarkan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para nakes dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi. Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Vaksinasi di Ponorogo ini, sampai saat ini masih menyasar 3 kelompok prioritas. Yang pertama untuk para tenaga kesehatan , kedua petugas pelayanan publik dan yang ketiga lansia.

Dibandingkan dengan sasaran pelayan publik, capaian vaksinasi pada Lansia berdasarkan update 16 Mei 2021 pukul 12.00 WIB masih sangat rendah untuk rata-rata tingkat nasional dosis 1 sebesar 12.95% dan dosis 2 sebesar eight.50%. Namun, ia mencatat bahwa kewaspadaan tetap bagi China untuk mendorong vaksinasi lansia, karena lansia sebenarnya memiliki tingkat efek samping dini yang jauh lebih rendah. Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, “Pertama melalui website, di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *